sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Senin, 28 Jun 2021 13:30 WIB

Review Dell UltraSharp U2421E, Nyaman di mata

Dell UltraSharp U2421E dirancang dengan desain fleksibel dan tampilan yang mewah, serta memiliki fitur yang dapat mengurangi sinar biru.

Review Dell UltraSharp U2421E, Nyaman di mata

Selama bekerja dari rumah atau WFH, monitor adalah perangkat yang paling sering saya pandangi melebihi pasangan. Terhitung dari pagi hingga malam hari, saya sering kali menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap monitor. Tak hanya untuk bekerja, namun juga untuk mendapatkan berbagai informasi yang tengah berkembang, menikmati konten-konten lucu, sampai menonton film di Netflix. 

Padahal, menatap monitor dalam waktu yang cukup lama akan membuat mata cepat lelah. Ketika hal ini terjadi, sedikit banyak akan mempengaruhi produktivitas dalam bekerja. Untuk itu pentingnya memilih monitor yang tepat untuk menunjang pekerjaan. 

Beruntungnya, saya mendapat kesempatan untuk mencoba monitor dari DELL Indonesia. Monitor dengan seri UltraSharp USB-C Hub Monitor – U2421E ini, diklaim dirancang khusus untuk pekerja dengan fitur yang dibawanya. 

Begini ulasannya:

Deain mewah, fleksibel, port melimpah

Salah satu alasan yang saya suka dari monitor DELL UltraSharp – U2421E ini adalah tampilannya, terutama desain dan warnanya. Dari depan monitor ini tampak minimalis dan sederhana, dengan sapuan kombinasi warna hitam pada frame dan warna perak metalik pada sisi bagian belakang monitor, tiang peyangga, juga kaki penyangganya. 

Dell UltraSharp – U2421E mengusung layar berukuran 24 inci dengan lapisan anti-glare. Ini memberikan kebebasan untuk meletakkan monitor ini di mana saja, tanpa khawatir terganggu pantulan cahaya. Selama menggunakannya, saya meletakkan monitor ini berdekatan dengan jendela, dan konten yang ditampilkan pada monitor tetap dapat terlihat jelas, meski cahaya dari samping cukup kuat.

Masih dari sisi tampilan depan, DELL UltraSharp – U2421E ini hadir dengan ukuran bezel yang cukup tipis. Hal ini menawarkan tampilan visual yang menarik, dan terkesan mewah. Dengan bezel tipis, DELL UltraSharp – U2421E akan tampil apik ketika pengguna menggunakannya untuk setup 2 monitor bahkan lebih.

Pada tiang penyangganya ada lubang yang disiapkan untuk manajemen kabel agar meja kerja Anda tetap dapat terlihat rapi dan mengurangi seliweran kabel yang akan mengurangi estetika kerapihan meja. Di bawah lubang manajemen kabel terdapat logo DELL perak mengkilap.

Untuk mengakses pengaturan, DELL UltraSharp – U2421E dibekali stick 4 arah (mirip joy stick). Posisinya ada di bagian belakang kanan bawah monitor. Bersebelahan dengan tombol daya. Tekan joy stick untuk menampilkan menu pengaturannya. Geser kiri kanan atas bawah untuk menjelajahi menunya.

Urusan konektivitas, DELL UltraSharp – U2421E memiliki port yang cukup melimpah. Untuk urusan koneksi visual saja, monitor ini memiliki port HDMI, DisplayPort (In), USB type-C/DisplayPort, DisplayPort (out), SuperSpeed 5Gbps (USB 3.2 Gen 1), audio line-out, SuperSpeed 5Gbps, dan RJ-45.

Selain itu DELL UltraSharp – U2421E juga memiliki dua port lain yang terletak di sisi kiri bawah monitor. Port ini terdiri dari sebuah port USB SuperSpeed 5Gbps dan USB type-C.

Nyaman buat mata, nyaman buat semua (hampir semua)

Hal lain yang saya juga suka dari monitor DELL UltraSharp – U2421E ini adalah nyaman di mata. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya bisa menghabiskan waktu yang cukup lama saat bekerja dari rumah. Bahkan dari pagi hingga malam hari. Beruntungnya, DELL UltraSharp – U2421E ini dibekali fitur yang namanya ComfortView, fitur yang dirancang untuk mengurangi sinar biru yang menjadi penyebab mata cepat lelah. Alhasil saya bisa bekerja dengan nyaman dalam waktu yang cukup lama, dan membuat mata saya tidak cepat lelah.

Memiliki tingkat kecerahan hingga 350 nits, monitor DELL UltraSharp – U2421E ini bisa digunakan di ruangan dengan pencahayaan yang cukup kuat sekalipun. Diletakkan berdekatan bersampingan dengan pintu dan jendela pun tidak menjadi masalah. Tampilan yang dihasilkan tetap apik dengan tampilan visual yang tetap tajam.

Berbicara tentang warna. Warna yang dihasilkan monitor DELL UltraSharp – U2421E ini tergolong baik, meski memiliki fitur ComfortView yang sudah aktif secara default. Hal yang umum terjadi pada monitor dengan fitur sejenis adalah warna pada monitor agak sedikit menguning. Namun, pada pengaturan mode standard, tampilan warnanya tidak tampak terlalu menguning. 

Menariknya, meski dirancang khusus untuk mendukung pekerja, monitor ini juga memiliki mode movie dan gaming. Di mana jika mode movie diaktifkan layar akan tampak menjadi sedikit kebiruan, sementara jika mode gaming diaktifkan, layar akan tampak sedikit menguning, namun saturasi warna ikut meningkat. Alhasil warna-warna lain tampak tajam. Hal ini memberikan kenyamanan tersendiri bagi yang suka bermain gim dalam waktu yang cukup panjang.

Hadir dengan gaya monitor dengan stand tinggi, kalian bisa mengatur posisi monitor ini dengan leluasa. Kalian dapat mengatur tinggi rendah monitor dengan menggesernya naik turun, mengatur kemiringan (tilt), diputar ke kanan atau ke kiri (swivel), hingga bisa di ubah orientasi berdiri 90 derajat bagi profesional yang membutuhkan tampilan data memanjang kebawah.

Fitur yang tak kalah menarik adalah DELL UltraSharp – U2421E memiliki dua buah port USB yang terdiri dari sebuah port SuperSpeed USB 3.2 2A dan sebuah port USB type-C yang mendukung daya hingga 15W yang terletak di sisi kiri bawah monitor. Port ini menawarkan kemudahan bagi kalian untuk mengisi daya perangkat seperti tablet, smartphone, atau laptop di lingkup area meja kerja Anda.

Kesimpulan

Hadir dengan desain fleksibel dan warna yang menarik, monitor DELL UltraSharp – U2421E rasanya akan tampil apik di meja kerja Anda. Pemilihan warna perak metalik dengan kombinasi hitam terlihat elegan untuk monitor yang dibanderol pada kisaran harga Rp5 jutaan ini dengan dukungan garansi hingga 3 tahun. Belum lagi, monitor di dirancang apik sehingga cukup fleksibel yang pastinya akan memudahkan Anda untuk mengkonfigurasi meja kerja Anda. Mau dikonfigurasi jadi dual monitor cakep, mau dibuat 3 monitor pun cakep karena bezelnya cukup tipis dan memiliki port DisplayPort out untuk mendukung pengguna yang ingin menggunakan monitor ini lebih dari satu.

Membawa fitur yang dibutuhkan pekerja rumahan saat ini, yakni ComfortView, monitor DELL UltraSharp – U2421E terbukti dapat membuat pengalaman bekerja saya menjadi cukup nyaman. Meskipun saya cukup lama menghabiskan waktu di depan monitor. Baik untuk bekerja pada siang harinya, sementara menonton film dan bermain gim di malam hari. Nah, tak hanya nyaman buat bekerja, bagi para orang tua yang ingin memberikan kenyamanan untuk buah hatinya, monitor ini juga bisa jadi opsi untuk perangkat belajar di rumah.

Meski begitu, bagi pengguna yang membutuhkan tingkat akurasi warna yang tinggi, rasanya monitor ini belum bisa mendukung hal tersebut.

80
Dell UltraSharp 2421E
 
Keunggulan
  • Tampilan warna baik
  • Fleksibel
  • Port pengisian daya cepat
 
Kekurangan
  • Kurang cocok untuk profesional
  • Harga
  •  
Share
×
tekid
back to top