sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Jumat, 08 Mei 2020 17:10 WIB

Preview AMD Ryzen 3 3100, jagoan baru di harga Rp2 jutaan

Pada kesempatan kali ini tim Tek.id akan membahas performa dasar dari prosesor murah AMD terbaru, yakni Ryzen 3 3100. Bagaimana performa prosesor sub Rp2 juta ini?

Preview AMD Ryzen 3 3100, jagoan baru di harga Rp2 jutaan
AMD Ryzen 3 3100

Selama 3 tahun terakhir ini, AMD terus menggerus pangsa pasar prosesor terjangkau dari sisi Intel. Para pengguna selama beberapa tahun terakhir ini terus mencari Ryzen 5 untuk membangun sebuah komputer gaming, yang juga sembari digunakan untuk live streaming misalnya, atau bahkan merender sebuah video.

Sangat jarang orang yang ingin membuat komputer tersebut memilih prosesor Ryzen 3. Hal ini dikarenakan, dua generasi dari Ryzen 3 hanya memiliki 4 core tanpa adanya kemampuan multi threading. Padahal, jika dari awal mereka menawarkan hal tersebut, mungkin mereka dapat mendominasi pasar prosesor murah.

Singkat cerita, AMD meluncurkan prosesor Ryzen generasi ke-3 alias seri Ryzen 3000 mereka pada pertengahan dan akhir 2019 lalu. Tapi, mereka hanya memperkenalkan Ryzen 5, Ryzen 7, dan Ryzen 9 saja. Sedangkan Ryzen 3 seri 3000 absen dari pasaran.

Setelah banyak rumor, AMD pun secara resmi memperkenalkan jajaran prosesor Ryzen 3 3000 series mereka, yakni Ryzen 3 3100 dan Ryzen 3 3300X. Secara mengejutkan, kedua prosesor ini memiliki total 4 core dan 8 thread. Akhirnya, AMD ada di jalur yang benar!

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan lebih membahas salah satu dari kedua prosesor tersebut, yakni Ryzen 3 3100. Hal ini dikarenakan AMD Indonesia berbaik hati memberikan kami kesempatan bermain-main dengan prosesor tersebut selama 2 minggu terakhir ini.

Platform pengujian yang saya akan gunakan adalah menggunakan motherboard Gigabyte X570 Aorus Master yang dikirimkan satu paket dengan prosesor dari AMD. Sedangkan satu lagi saya menggunakan motherboard Gigabyte B450M DS3H.

AMD Ryzen 3100

Sedangkan untuk RAM dan pendinginan, saya menggunakan RAM Corsair LPX DDR4 3200MHz dengan pendingin bawaan prosesor, yakni Wraith Stealth. Oh iya, sebelumnya saya infokan karena saya menggunakan thermal paste Deepcool Z9. Jadi, kalau kalian menggunakan pasta bawaan, ada kemungkinan suhu yang didapatkan akan berbeda.

Untuk GPU-nya, kami menggunakan Sapphire Radeon 5700 XT Nitro SE untuk meminimalisir bottleneck dari sisi GPU.

Spesifikasi yang Menawan

Seperti yang sudah saya sebut di atas, AMD Ryzen 3 3100 memiliki 4 core dan 8 thread. Prosesor ini memiliki base clock 3.6GHz dan boost clock hingga 3.9GHz. Bahkan, dengan pendingin yang baik, AMD mengklaim pengguna bisa mendapatkan kecepatan clock di 4GHz hanya dengan menggunakan AMD Precision Boost 2.

Prosesor ini juga memiliki total 2MB L2 Cache dengan TDP sekitar 65W. Tapi yang paling menarik adalah dikarenakan berbasis Zen 2, selain prosesor ini diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 7nm, prosesor ini juga mendapatkan dukungan PCIe gen 4.0.

Tapi, kalian hanya dapat menggunakan 1 lane PCIe gen 4.0 di slot X16 pertama, serta hanya 1 SSD PCIe gen 4.0 saja. Jadi, jika kalian memiliki motherboard yang mendukung lebih dari 1 PCIe gen 4.0, kalian hanya terbatas menggunakan salah satunya saja.

Metode Pengetesan

Untuk metode pengetesan kali ini, dikarenakan bukan full review, kami belum akan mencoba melakukan overclock dengan serius. Pada kesempatan kali ini, kami akan membiarkan prosesor ini mengatur kecepatan clock menggunakan pengaturan bawaan.

Selain itu, kami juga akan membandingkan dengan beberapa prosesor lain, seperti Intel Core i7-7700K yang memiliki 4 core dan 8 thread, Intel Core i9-9100F, serta AMD Ryzen 5 2600. Semuanya akan dites menggunakan konfigurasi yang sama, meski untuk porsi prosesor Intel akan menggunakan motherboard MSI MAG Z390 TOMAHAWK.

Berikut ini hasil benchmark yang kami dapatkan: 

 

 

 

 

 

 

Seperti yang dapat kalian lihat dari hasil benchmark di atas, performa dari Ryzen 3 3100 dapat bersaing dengan semua prosesor yang ada. Perlu diingat, prosesor ini merupakan yang paling murah diantara tiga lainnya.

Beralih ke performa gaming, kami akan menggunakan tiga gim sebagai patokan, yakni PUBG, Shadow of the Tomb Raider, dan Far Cry New Dawn. Berikut ini adalah hasil benchmark kami :

 

 

Seperti dapat kalian lihat, Ryzen 3 3100 memiliki performa yang sangat baik di sektor gaming. Prosesor ini dapat menjalankan gim dengan sangat baik, dengan kisaran FPS yang setara jika dibandingkan dengan Core i7-7700K dan Core i3-9100F. Begitu juga dengan Ryzen 5 2600 yang sudah mulai terlihat umurnya.

Nah itu dia preview dari Ryzen 3 3100 dari tim Tek.id. Dijual dengan harga Rp1,799 juta (termasuk pajak), prosesor ini terlihat sangat menarik. Kami dapat katakan, prosesor ini merupakan prosesor sub Rp2 juta terbaik yang ada saat ini.

Share
back to top