Telkomsel jadi operator dengan performa terbaik versi nPerf

Hasil survei yang dilakukan nPerf menyimpulkan Telkomsel sebagai operator dengan performa terbaik di Indonesia pada 2018.

Telkomsel jadi operator dengan performa terbaik versi nPerf (Foto: Lely Maulida/Tek.id)

Hasil survei yang dilakukan nPerf menyimpulkan Telkomsel sebagai operator dengan performa terbaik di Indonesia pada 2018. Pencapaian ini membuat posisi Smartfren terdepak, dimana sebelumnya perusahaan telekomunikasi tersebut meraih posisi pertama versi nPerf pada pertengahan tahun 2018.

Untuk diketahui, nPerf merupakan salah satu pembuat software benchmark internet seluler. Sepanjang 2018 pengguna nPerf di Indonesia telah mengikuti 636.757 kali tes. 


BACA JUGA

Tri siap luncurkan 5G di Inggris, bagaimana di Indonesia?

Ribuan pelanggan Telkomsel dan XL Axiata mudik gratis

Telkomsel akselerasi 4G via bundling smartphone


Tes ini melibatkan pengguna yang memasang software nPerf baik versi mobile maupun desktop. Tesnya meliputi pengujian kecepatan internet, streaming dan browsing. Data yang disimpulkan didasarkan pada statistik yang dihimpun dari pengguna.

Telkomsel menempati posisi pertama sebagai operator dengan performa terbaik. XL Axiata dan Smartfren menyusul di posisi kedua dan ketiga. Padahal, paruh pertama 2018 Smartfren tercatat sebagai operator terbaik.

Performa Telkomsel terbaik veri nPerf

"Telkomsel adalah operator dengan performa terbaik pada 2018. Posisi ini diraih karena kecepatan unggah yang sangat baik dan tingkat kinerja browsing yang signifikan," demikian keterangan nPerf.

Berdasarkan data yang nPerf himpun, Telkomsel meraih total 23.185 nPoints. Ini merupakan angka tertinggi dibanding operator lainnya. XL Axiata sendiri meraih 21.596 nPoints, Smartfren 21.077 nPoints, disusul Bolt (18.070), Tri Indonesia (14.606) dan Indosat Ooredoo (11.165), .

XL Axiata membuntuti posisi Telkomsel versi survei nPerf. Kinerja XL Axiata dinilai sangat baik utamanya dalam hal kecepatan unggah (5,01 Mbps), latensi, browsing dan streaming. Sementara Smartfren tercatat sebagai operator dengan kecepatan unduhan terbaik (14,77 Mbps), melampaui Telkomsel (8,06 Mbps). 

Kinerja tersebut diperoleh berkat LTE yang kuat. nPerf bahkan menyebut kemungkinan Smartfren menjadi satu-satunya operator yang benar-benar mengembangkan jaringan LTE Advanced. Smartfren juga menghadirkan latensi yang sempurna untuk para gamer.

Performa Telkomsel terbaik versi nPerf

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: