sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 13 Mar 2024 12:03 WIB

Sering duduk seharian buat kerja? Ini cara tetap sehat kata ilmuwan

Tim ilmuwan internasional telah mengungkap temuan menarik tentang pentingnya jumlah langkah harian dalam mengurangi risiko kesehatan akibat gaya hidup yang cenderung duduk.

Sering duduk seharian buat kerja? Ini cara tetap sehat kata ilmuwan

Sebuah penelitian terbaru yang dipimpin oleh sebuah tim ilmuwan internasional telah mengungkap temuan menarik tentang pentingnya jumlah langkah harian dalam mengurangi risiko kesehatan akibat gaya hidup yang cenderung duduk. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, para peneliti menganalisis data dari lebih dari 72.000 relawan yang tergabung dalam UK Biobank, sebuah proyek penelitian jangka panjang yang dimulai sejak tahun 2006.

Gaya hidup yang kurang aktif telah menjadi masalah kesehatan global yang semakin meningkat, dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, dan umur yang lebih pendek. Namun, sejauh ini, belum jelas apakah orang yang sangat sedentari mungkin dapat mengurangi risiko kesehatan tersebut dengan meningkatkan jumlah langkah harian mereka.

Dilansir dari sciencealert.com (13/3), dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa bahkan orang yang sangat sedentari sekalipun dapat mengimbangi risiko kesehatan dengan menambah jumlah langkah harian. Meskipun masih terdapat perdebatan tentang jumlah langkah ideal yang harus diambil, temuan ini menunjukkan bahwa antara 9.000 hingga 10.000 langkah harian dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21 persen dan risiko kematian sebesar 39 persen.

Menurut Matthew Ahmadi, seorang ilmuwan kesehatan populasi dari University of Sydney, Australia, "Setiap jumlah langkah harian di atas referensi 2.200 langkah per hari terkait dengan penurunan risiko kematian dan kejadian penyakit kardiovaskular, baik untuk waktu duduk rendah maupun tinggi." Meskipun demikian, Ahmadi menekankan pentingnya untuk terus berupaya mengurangi waktu duduk secara keseluruhan.

Temuan ini memberikan harapan bagi individu yang menghabiskan banyak waktu di meja kerja atau di depan layar komputer. Bahkan sedikit gerakan, seperti berjalan kaki, dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Dengan demikian, meningkatkan jumlah langkah harian dapat menjadi langkah sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tag
Share
×
tekid
back to top