sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Jumat, 15 Mar 2024 14:59 WIB

3 cara mengatasi ngantuk saat puasa kata ahli kedokteran

Rasa ngantuk terjadi karena kebanyakan orang cenderung tidur larut malam dan bangun lebih awal untuk sahur, mengganggu pola tidur alami mereka.

3 cara mengatasi ngantuk saat puasa kata ahli kedokteran

Bagi sebagian orang yang menjalani puasa, rasa kantuk seringkali menjadi tantangan utama yang dihadapi. Meskipun sebelumnya mereka mungkin tidak mengalami ngantuk pada aktivitas yang sama, namun saat menjalani ibadah puasa, kondisi ini seringkali muncul. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya?

Menurut Dr. Brian England, seorang Chiropractor dan ahli kedokteran fungsional di pusat pengobatan integratif Wellth, perubahan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh menjadi salah satu penyebab utama dari rasa kantuk saat puasa. Selain itu, perubahan pola makan dan waktu tidur juga turut berperan. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang cenderung tidur larut malam dan bangun lebih awal untuk sahur, mengganggu pola tidur alami mereka, seperti yang dikutip Gulf News (15/3).

Dr. Vaishal Shah dari Cleveland Clinic Sleep Disorders Center menambahkan bahwa kurang tidur dapat mempengaruhi hormon pengatur nafsu makan, seperti leptin dan ghrelin. Hal ini dapat membuat puasa menjadi lebih menantang karena rasa lapar dan kenyang yang tidak terkendali.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa ngantuk saat puasa:

1. Tetapkan jadwal tidur

Memiliki jadwal tidur yang konsisten dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh. Anda dapat membagi waktu tidur menjadi beberapa sesi, dengan mengalokasikan satu periode tidur tanpa gangguan selama lima hingga enam jam. Tidur siang selama 45 menit juga dapat meningkatkan kinerja fisik dan kognitif.

2. Matikan layar gadget

Kebersihan tidur menjadi penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Matikan layar gadget setidaknya satu jam sebelum tidur, dan pastikan lingkungan tidur Anda tenang dan nyaman.

3. Kurangi konsumsi kafein dan makanan tertentu

Batasi konsumsi kafein, makanan berlemak, dan makanan tinggi gula. Fokuslah pada makanan sehat saat sahur, seperti biji-bijian dan protein, yang memberikan energi bertahap sepanjang hari.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, diharapkan rasa ngantuk saat puasa dapat diminimalkan, sehingga kamu dapat menjalani ibadah di bulan suci Ramadan dengan lebih nyaman dan produktif.

Tag
Share
×
tekid
back to top