sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 21 Sep 2022 16:13 WIB

Samsung Galaxy S24 diprediksi jadi smartphone pertama usung Wi-Fi 7

Smartphone generasi berikutnya dari Galaxy S Series ini baru akan diluncurkan ke pasaran pada kuartal kedua 2024.

Samsung Galaxy S24 diprediksi jadi smartphone pertama usung Wi-Fi 7

Samsung dikenal menjadi salah satu OEM Android pertama yang menghadirkan Wi-Fi terbaru ke pasaran. Kali ini, produsen smartphone asal Korea Selatan itu dikabarkan bakal meluncurkan ponsel dengan teknologi Wi-Fi 7 pertama di tahun 2024. 

Laporan terbaru menunjukkan, smartphone pertama yang dilengkapi Wi-Fi 7 akan keluar pada paruh kedua tahun 2024. Kemungkinan ponsel pintar yang rilis tersebut merupakan generasi terbaru dari Galaxy S Series yaitu Samsung Galaxy S24. 

Dengan kata lain, Samsung Galaxy S24 akan menjadi smartphone pertama di pasar global yang mendukung teknologi Wi-Fi 7. Artinya, smartphone Galaxy S Series generasi terbaru dari Samsung itu baru akan dirilis pada kuartal kedua 2024. 

Dilansir dari Sammobile (21/9), DigiTimes melaporkan, Wi-Fi 6E hanya akan menjadi ‘teknologi transaksional’ karena Wi-Fi 7 siap diluncurkan pada 2024. Lebih lanjut, Wi-Fi 7 ini baru akan diadopsi ke perangkat smartphone setelah disematkan lebih dulu ke laptop dan router. 

Berbicara mengenai fiturnya, Wi-Fi 7 kemungkinan dapat digunakan untuk saluran 300MHz dengan dukungan teknologi 4K quadrature amplitude modulation (QAM). Teknologi ini juga bakal memberikan kecepatan hingga 2,4x dibandingkan Wi-Fi 6 dengan jumlah antena yang sama. 

Berdasarkan Wi-Fi Alliance, teknologi Wi-Fi 7 ini diharapkan akan memberikan kecepatan setidaknya 30Gbps. Bahkan, teknologi Wi-Fi terbaru ini diprediksi juga bakal menghadirkan kecepatan hingga mencapai 40Gbps. 

Selain Samsung, sejumlah perusahaan teknologi lainnya dikabarkan juga mulai mempersiapkan diri untuk mengadopsi Wi-Fi terbaru itu. MediaTek dilaporkan juga telah mendemonstrasikan Wi-Fi 7 pada Januari 2022 lalu. Sementara itu, Intel menyatakan, pihaknya akan mengadopsi Wi-Fi 7 di laptop pada tahun 2024. 

Tak ketinggalan, Qualcomm juga diketahui sedang mengerjakan opsi chip Wi-Fi 7 guna dapat mengadopsi teknologi tersebut sedini mungkin. Pada gelaran MWC 2022, Qualcomm mengumumkan chip FastConnect 7800 yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Bluetooth terbaru, jaringan latensi rendah, dan, tentu saja, teknologi Wi-Fi 7.
 

Share
×
tekid
back to top