Rumor iPhone 12: desain, prosesor dan kamera baru

iPhone 12 dikabarkan akan hadir dengan desain frame dari metal seperti halnya iPhone 4. Tidak hanya itu, notch di perangkat ini juga akan berukuran lebih kecil.

Rumor iPhone 12: desain, prosesor dan kamera baru Source: Phone Arena

iPhone generasi selanjutnya baru akan meluncur tahun depan. Kalau sesuai tradisi, perangkat itu akan hadir pada September 2020. Kendati begitu, rumor di seputar iPhone terbaru ini sudah mulai mencuat. 

Rumor menyebut bahwa lineup terbaru iPhone ini akan kembali meluncur dalam tiga varian, yakni standar, Pro dan Pro Max, seperti halnya iPhone 11. Kabarnya perangkat ini akan hadir dengan nama iPhone 12


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Aplikasi ini bisa ubah iPhone jadi iPod Classic

iPhone 11 datang di Indonesia 6 Desember 2019, ini harga resminya

Kamera iPhone 11 Pro Max kalah dari Xiaomi Mi CC9 Pro


Desain

Berbeda dari pendahulunya, iPhone 12 kabarnya akan kembali menggunakan frame metal, seperti yang terdapat pada iPhone 4. Dilansir dari MacRumors (14/11), Ming-Chi Kuo menduga bahwa iPhone terbaru ini akan menggunakan segmentasi desain yang lebih kompleks dan prosedur pembentukan model baru. Secara keseluruhan, iPhone 12 ini akan menggunakan dua lapis kaca di bagian depan dan belakangnya. Ini sama seperti ketika Apple membuat iPhone 4. 

Apple tampaknya akan kembali memberikan tiga ukuran berbeda untuk lineup ini. Dua di antaranya kembali didapuk menjadi produk yang lebih premium. Tiga ukuran layar itu terdiri dari 5,4 inci, 6,7 inci dan 6,1 inci. Apple akan membuat iPhone dengan layar 5,4 inci dan 6,7 inci menjadi varian yang lebih mahal. 

Bicara soal layar, Apple kabarnya akan memberikan panel OLED untuk semua varian iPhone 12. Sebelumnya, Apple menggunakan panel LCD untuk layar pada iPhone dengan harga yang lebih terjangkau. Penggunaan panel OLED disebut dapat membuat iPhone di masa depan menjadi lebih fleksibel. Perusahaan tersebut masih mengandalkan panel OLED buatan Samsung. 

Yang menarik adalah, Apple tampaknya akan membuat iPhone 12 memiliki refresh rate yang dapat diganti antara 60Hz dan 120Hz. Apple menyebut teknologi ini dengan nama ProMotion. Teknologi ini sudah digunakan Apple pada perangkat iPad Pro

Kamera 

Apple membuat gebrakan di sektor kamera iPhone tahun ini. Nah, pada iPhone 12, Apple dilaporkan akan menambahkan sensor ToF pada kamera belakangnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengalaman augmented reality

Sebagaimana diketahui, ToF merupakan sistem kamera yang menggunakan laser untuk menghitung waktu yang dibutuhkan laser tersebut untuk memantul kembali ke sensor. Hal ini berguna untuk pemetaan gambar 3D dengan lebih akurat. 

Apple sebenarnya sudah menggunakan teknologi serupa untuk Face ID yang bernama TrueDepth Camera. Hanya saja, modul ini memanfaatkan inframerah sehingga jangkauannya terbatas sejauh 25 hingga 50 cm saja. 

Beralih ke kamera depan, iPhone 12 dipercaya akan menggunakan modul kamera depan yang lebih kecil dari pada yang pernah digunakan Apple selama ini. Hal ini dilakukan agar Apple dapat meningkatkan rasio layar perangkat terbarunya itu. Dengan begitu, iPhone 12 kabarnya akan hadir dengan notch yang lebih kecil. 

Di samping itu, rumor lain menyebut bahwa Apple akan memperkenalkan iPhone baru tanpa notch atau Face ID di tahun 2020. Untuk diketahui, AMS, pemasok kamera untuk Apple sebelumnya pernah mengumumkan teknologi sensor kamera baru yang memungkinkan sensor cahaya RGB dan proximity ditempatkan di bawah panel OLED. Apple kemungkinan akan memperkenalkan teknologi sensor baru ini pada iPhone di tahun 2020. 

Tidak hanya itu, sensor fingerprint juga akan ditempatkan di bawah layar. Terlebih lagi, fingerprint ini dilaporkan dapat digunakan di seluruh area layar iPhone. 

 

Koneksi 5G

Tahun depan, Apple berencana kembali menggunakan modem Qualcomm. Kemungkinan besar, Apple akan menggunakan modem 5G X55 milik Qualcomm. Hal ini berkaitan dengan berakhirnya perseteruan kedua perusahaan ini mengenai royalti dan paten di antara keduanya. 

Untuk diketahui, modem X55 menawarkan kecepatan download maksimal 7Gbps dan upload maksimal 3Gbps. Namun ini baru angka secara teori saja. Kecepatan aktualnya akan sangat tergantung pada penyedia jasa layanan telekomunikasi.  

Di samping koneksi 5G, iPhone 12 dilaporkan juga akan hadir dengan chipset A14. TSMC akan merakit chip ini dengan basis fabrikasi 5nm. Dengan ukuran yang lebih kecil, chipset ini diklaim akan lebih cepat dan hemat daya serta peningkatan manajeman suhu dibanding versi sebelumnya.

Namun, harus dipahami bahwa semua informasi ini baru sebatas rumor saja. Masih ada banyak waktu bagi Apple untuk mengembangkan perangkat terbarunya ini. Sesuai dengan tradisi Apple, perangkat baru ini dilaporkan akan meluncur pada September 2020.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: