sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Kamis, 02 Nov 2017 12:09 WIB

Review iPhone X, Apple utamakan YouTuber dibanding jurnalis

Untuk pertama kali dalam sejarah, Apple lebih mengutamakan YouTuber dibanding jurnalis dari media mainstream.

Review iPhone X, Apple utamakan YouTuber dibanding jurnalis

Review iPhone X sudah membanjiri internet sejak 31 Oktober lalu, beberapa hari jelang penjualan perdanyanya pada 3 November. Untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, Apple lebih memprioritaskan YouTuber dibanding jurnalis, baik media mainstream maupun portal berita teknologi.

Selain mendapatkan iPhone X lebih awal, beberapa YouTuber juga diperbolehkan Apple untuk mempublikasikan ulasan mereka sehari lebih cepat dibanding media.  Beberapa YouTuber beruntung tersebut adalah UrAvrgConsumer, Booredatwork, Soldier Knows Best, dan High Snobiety. Subscriber para YouTuber tersebut bervariasi dari ratusan ribu hingga lebih dari 1 juta.

Apple juga memberi hak eksklusif bagi jurnalis yang pernah mengulas iPhone generasi pertama, 10 tahun lalu. Di antaranya adalah Steven Levy yang menulis untuk blog Backchannel milik Wired. Mirip seperti ketika merilis Apple Watch, Apple juga mengirimkan iPhone X untuk majalah gaya hidup, seperti Glamour. Ini menunjukkan perubahan gaya komunikasi mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Keputusan Apple untuk memprioritaskan YouTuber ini bukannya tanpa kontroversi. Blogger senior John Gruber, misalnya, menyampaikan kritik terbuka karena menganggap para influencer ini kurang kompeten. Namun, banyak juga yang menganggap kebijakan Apple sebagai hal lumrah.

Dalam catatan Recode, ketika Apple pertama kali merilis iPhone pada tahun 2007, Steve Jobs hanya mengirimkannya kepada 4 reviewer profesional dari media tradisional: Walt Mossberg dari Wall Street Journal, David Pogue dari New York Times, Ed Baig dari USA Today, dan Steven Levy yang menulis untuk Newsweek.

Ketika melucurkan iPad pada tahun 2010, Apple memperluas pilihan publikasi di antaranya termasuk Chicago Sun Times, PC Mag, Houston Chronicle, Boing Boing, The Root dan majalah Time. Ketika media online mulai marak, Apple juga memasukkan Daring Fireball, TechCrunch, The Verge dan BuzzFeed ke dalam daftar.

Sejauh ini, Apple terlihat sangat puas dengan strategi komunikasi yang mereka terapkan pada iPhone X. Kemarin, mereka membuat siaran pers khusus merangkum kalimat pujian dari para reviewer untuk iPhone X. Anda bisa melihatnya di gambar di atas.

Share
×
tekid
back to top