Kualitas audio ROG Phone II duduki posisi 4 DXOMark

Dari sisi audio, Asus ROG Phone II mendukung ouput tata suara DTS:X dari speaker stereo, yang masing-masing memiliki amplifier sendiri.

Kualitas audio ROG Phone II duduki posisi 4 DXOMark Source: DXOMark

Belum lama ini, Asus meluncurkan ponsel gaming generasi terbaru mereka lewat ROG Phone II. Masuk ke dalam kelas flagship, maka tidak heran ponsel ini memiliki beberapa spesifikasi unggulan. Di dalamnya terdapat prosesor kelas atas Snapdragon 855+, layar OLED 6,59 inci beresolusi 1080 x 2340 piksel yang diklaim memiliki rentang warna DCI-P3 hingga 108 persen serta dukungan HDR10.

Kamera belakangnya memiliki konfigurasi ganda dengan kamera utama memiliki resolusi 48 MP dan yang lainnya dipersenjatai lensa ultra lebar beresolusi 13 MP. Hal yang tidak kalah mengesankan adalah bahwa Asus ROG Phone II mampu merekam video 4K dengan kecepatan hingga 60 fps.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Asus resmi boyong ROG Phone 2, harga mulai dari Rp8,499 juta

Asus ZenFone 5Z kebagian pembaruan Android 10

Asus bakal rilis tiga seri Zenbook baru di bulan Desember


Tetapi kali ini kita tidak akan mengulas performa kamera ROG Phone II, tetapi menjelaskan bagaimana performa suara dari speaker smartphone gaming tersebut yang diuji oleh DXOMark.

Dari sisi audio, Asus ROG Phone II mendukung ouput tata suara DTS:X dari speaker stereo, yang masing-masing memiliki amplifier sendiri. Seperti yang biasa dipakai pada ponsel kelas atas, ROG Phone II juga dilengkapi mikrofon khusus untuk meredam kebisingan lpada atar belakang ketika pengguna sedang melakukan percakapan via telepon.

Tim dari DXOMark melakukan pengujian ketat untuk mengukur performa audio ROG Phone II dalam memutar audio melalui speaker bawaannya dan perekaman suara menggunakan mikrofon terintegrasinya. Dalam ulasan ini DXOMark memberi nilai audio keseluruhan pada ROG Phone II dengan skor 69 poin.

Skor tersebut membuktikan ponsel gaming milik Asus tersebut menempati posisi keempat dalam pengujian yang dilakukan DXOMark. Di mana posisi pertama ditempati oleh Huawei Mate 20 X (75poin) yang seterusnya diikuti oleh Apple iPhone XS Max (74 poin), dan Apple iPhone 11 Pro Max (71 poin). Tepat di bawah skor audio Asus ROG Phone ada Samsung Galaxy Note 10+ 5G dengan 66 poin.

Nilai performa audio 69 poin merupakan skor rata-rata dari pengujian memutar musik (Playback) dan perekaman (Recording), yang mana skor Playback berhasil mengumpulkan 70 poin sedangkan Recording berhasil menorehkan 64 poin.

Dari hasil pengujian Playback, nilai yang paling tinggi ada pada performa Artifact dengan 83 poin, artinya suara ROG Phone tetap stabil pada pengaturan volume suara tinggi, nilai terbaik kedua adalah pengujian Volume dengan 72 poin.

Dengan demikian, speaker terintegrasi pada ROG Phone II cukup lantang pada pengaturan tingkat paling tinggi. Sedangkan skor Recording, nilai paling tinggi adalah Artifacts dengan skor 82 poin, diikuti oleh Timbre (warna nada) dalam pencapaian skor 64 poin.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: