sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 08 Mar 2024 16:37 WIB

Apple rilis MacOS Sonoma 14.4 dengan emoji baru dan fitur transkrip otomatis untuk Apple podcast.

Apple secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, MacOS Sonoma 14.4, yang kini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna komputer Mac yang didukung.

Apple rilis MacOS Sonoma 14.4 dengan emoji baru dan fitur transkrip otomatis untuk Apple podcast.

Apple secara resmi meluncurkan sistem operasi terbarunya, MacOS Sonoma 14.4, yang kini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna komputer Mac yang didukung. Pembaruan ini menawarkan sejumlah fitur baru, termasuk pembaruan emoji, perbaikan keamanan, dan peningkatan pada layanan Podcasts.

 

Dilansir dari laman Support Apple (8/3), pengguna dapat melakukan pembaruan dengan mudah melalui menu "System Settings" > "General" > "Software Update" di komputer Mac mereka. Berbeda dari rilis sebelumnya, MacOS Sonoma 14.4 fokus pada peningkatan emoji, Podcasts, Messages for Business, sambil tetap memperhatikan isu keamanan yang ada.

 

MacOS Sonoma 14.4 membawa sejumlah emoji baru yang sebelumnya telah hadir di iPhone melalui iOS 17.4. Emoji tersebut mencakup variasi gerakan menggelengkan kepala ke atas-ke bawah dan ke kanan-kiri, burung phoenix, jeruk nipis, rantai yang putus, jamur coklat, serta berbagai emoji potret keluarga. Selain itu, terdapat 18 emoji manusia dan tubuh yang menghadap ke arah berlawanan, menawarkan variasi baru untuk ekspresi dan aksi.


 

Apple Podcasts mendapatkan pembaruan signifikan dengan adanya transkrip otomatis untuk setiap episode podcast. Pengguna kini dapat dengan mudah mencari poin tertentu tanpa harus mendengarkan seluruh episode, melainkan dengan membaca teks dan menggunakan kata kunci. Fitur aksesibilitas seperti Text Size, Increase Contrast, dan VoiceOver juga dapat digunakan. Namun, transkripsi otomatis hanya dapat dilakukan jika produser podcast memberikan izin sesuai dengan syarat dan ketentuan baru terkait transkripsi audio.

 

Fitur baru yang disebut Business Updates pada layanan Apple Messages for Business memberikan konsumen pemberitahuan terkait suatu bisnis, seperti status pemesanan, notifikasi penerbangan, peringatan penipuan, atau transaksi lainnya dari bisnis yang dipercaya. Meskipun pembaruan ini tergolong kecil, fitur tersebut dapat membantu pengguna untuk tetap terhubung dengan bisnis secara efisien.

 

Perubahan kecil lainnya termasuk pengaturan bar Favorites di Safari, yang kini dapat diatur agar hanya menampilkan ikon untuk situs, tanpa teks. Selain itu, MacOS Sonoma 14.4 juga mendukung model terbaru MacBook Air M3 secara out-of-the-box.

 

Pembaruan keamanan mencakup pencabutan izin penggunaan perintah "launchctl kickstart -k" untuk proses sistem penting, dengan rekomendasi untuk menggunakan perintah "kill" sebagai alternatif apabila suatu proses harus dihentikan secara paksa.

 

Selain MacOS Sonoma 14.4, Apple juga merilis pembaruan untuk MacOS Ventura dan MacOS Monterey, yaitu MacOS 13.6.5 dan MacOS 12.7.4, secara berturut-turut.

Share
×
tekid
back to top