sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Jumat, 24 Mei 2024 17:26 WIB

Apple akan meluncurkan MacBook lipat pada 2026 dengan layar 20,3 inci dan Chip M5

Ketika dilipat, layar dengan ukuran 20,3 inci akan setara dengan laptop berukuran 14-15 inci, sementara layar 18,8 inci akan setara dengan laptop berukuran 13-14 inci.

Apple akan meluncurkan MacBook lipat pada 2026 dengan layar 20,3 inci dan Chip M5

Apple dikabarkan akan meluncurkan MacBook lipat yang mewah pada tahun 2026 mendatang. Perangkat ini akan hadir dengan pilihan layar berukuran 20,3 inci atau 18,8 inci dan akan didukung oleh chip terbaru Apple, yaitu M5. Informasi ini disampaikan oleh analis terpercaya TF International, Ming-Chi Kuo, melalui blog pribadinya.

Dikutip dari Phone Arena (24/5), Kuo mengungkapkan bahwa Apple tengah mempertimbangkan dua ukuran layar untuk perangkat ini. Ketika dilipat, layar dengan ukuran 20,3 inci akan setara dengan laptop berukuran 14-15 inci, sementara layar 18,8 inci akan setara dengan laptop berukuran 13-14 inci. Produksi panel lipat ini akan dimulai pada kuartal keempat 2025, dengan perakitan MacBook lipat yang dimulai pada paruh pertama 2026.

Berbeda dengan rumor sebelumnya yang menyebutkan Samsung sebagai pemasok layar, Kuo menyatakan bahwa LG Display akan menjadi pemasok eksklusif layar lipat untuk Apple. Hal ini diduga karena kinerja Samsung dan LG dalam menyuplai panel OLED untuk iPad Pro terbaru. LG Display akan berperan sebagai mitra pengembangan eksklusif untuk layar, sedangkan Amphenol akan bertanggung jawab atas engselnya.

Dengan teknologi canggih yang digunakan untuk meminimalkan lipatan pada layar, biaya produksi tiap unit layar diperkirakan mencapai $600-$650. Setiap engselnya juga akan menelan biaya $200-$250. Namun, jika hasil produksi meningkat, biaya komponen ini bisa turun. Kuo memprediksi bahwa biaya bahan baku (Bill of Materials/BOM) untuk MacBook lipat ini akan mendekati BOM untuk Vision Pro, dan pengiriman MacBook lipat diperkirakan akan melebihi 1 juta unit pada tahun 2026.

Dengan segala fitur dan teknologi canggihnya, MacBook lipat ini diperkirakan akan menjadi salah satu perangkat paling mahal yang pernah diluncurkan oleh Apple. Kehadiran MacBook lipat ini diharapkan akan menjadi inovasi terbaru yang menambah portofolio produk premium Apple di pasar global.

Share
×
tekid
back to top