Toyota gunakan VR untuk melatih robot asisten rumah tangga

Berkat sistem machine learning, begitu satu robot dilatih dalam suatu tugas, maka robot lainnya akan mempelajari hal yang sama.

Toyota gunakan VR untuk melatih robot asisten rumah tangga Source: TRI via Engadget

Apabila ada robot pembantu di rumah, kemungkinan membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih ringan, dan yang paling penting adalah teknologi tersebut dapat memungkinkan manula untuk hidup lebih mandiri. Tetapi melatih robot untuk beroperasi di rumah merupakan hal yang tidak mudah lantaran setiap rumah memiliki ruangan berbeda-beda dan penuh dengan begitu banyak objek dengan tata letak berbeda pula. Dilansir dari Engadget (4/10), Toyota Research Institute (TRI) dapat mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan virtual reality (VR) untuk mempermudah melatih robot.

Sistem pelatihan VR memungkinkan pengajar manusia untuk melihat apa yang dilihat robot secara langsung dalam tampilan 3D. Pengguna dapat menginstruksikan robot dan menjelaskan skema 3D, misalnya menambahkan catatan tentang cara memegang alat. Hal ini memungkinkan pelatih manusia untuk mengajarkan robot berbagai tugas dari berbagai objek.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mobil otonom Toyota hadir untuk antar para atlet Olimpiade 2020

Robot vakum Samsung bisa deteksi material lantai secara otomatis

Anjing robot bisa bergerak natural berkat algoritma dan sensor


Sistem TRI memungkinkan robot menjadi lebih fleksibel. Mereka tidak memerlukan peta rumah yang lengkap. Sebaliknya, mereka hanya perlu memahami objek yang relevan dengan perilaku yang dilakukan. Berkat sistem machine learning, begitu satu robot dilatih dalam suatu tugas, maka robot lainnya akan mempelajari hal yang sama.

Tetapi sayangnya sistem tersebut belum sempurna. Dalam sebuah video, TRI mengingatkan penonton bahwa ia menciptakan purwarupa penelitian, bukan konsep produk. Bagaimanapun juga, sistem berbasis VR mengubah cara robot belajar dan bagaimana kita dapat menggunakannya dalam pengaturan yang berbeda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: