sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 09 Apr 2024 12:51 WIB

Superkomputer Deep South punya kecerdasan 2.000 kali otak manusia

Deep South memungkinkan kita mempelajari otak seperti komputer, menganalisis komunikasi antar sel saraf untuk menentukan akar penyebab masalah neurologis.

Superkomputer Deep South punya kecerdasan 2.000 kali otak manusia

Meskipun teknologi terus berkembang, otak manusia adalah yang tertinggi dalam kekuatan pemrosesan. Keajaiban biologis ini beroperasi secara berbeda, dengan kecepatan lebih dari 100 miliar operasi per detik. Untuk menjembatani kesenjangan ini, para peneliti telah mengeksplorasi komputasi neuromorfik, yang terinspirasi oleh struktur otak.

Deep South, sebuah superkomputer yang dipelopori oleh Pusat Sistem Neuromorfik Internasional Australia, siap diluncurkan pada bulan April 2024. Dilansir dari Gizmochina (9/4), teknologi inovatif ini menawarkan kecepatan pemrosesan sebesar 228 triliun operasi per detik, melampaui otak manusia sebanyak lebih dari 2.000 kali lipat.

Meskipun detailnya masih terbatas, para ahli berpendapat bahwa Deep South meniru seluruh tubuh manusia, bukan hanya otak. Tidak seperti perangkat elektronik tradisional, perangkat ini menggabungkan penyimpanan data dan pengoperasian, sehingga mencerminkan efisiensi otak. Kecemerlangan otak manusia terletak pada miliaran sel saraf yang saling terhubung dan beroperasi dengan konsumsi energi minimal, sehingga memungkinkan triliunan interaksi. Deep South, meskipun mengesankan, membutuhkan lebih banyak ruang dan energi.

Namun, teknologi yang mendasarinya menjanjikan. Bayangkan masa pakai baterai ponsel selama seminggu atau chip superkomputer yang diperkecil untuk perangkat yang lebih kecil. Selain daya, peningkatan pemrosesan data dapat merevolusi berbagai bidang, mulai dari sistem pendukung kehidupan rumah sakit yang stabil hingga model AI yang disesuaikan.

Kejutan sebenarnya terletak pada manfaat yang tidak terduga dari Deep South. Mempelajari otak untuk membangun komputer yang lebih cerdas telah menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam tentang otak manusia itu sendiri. Para peneliti sekarang dapat menganalisis penyakit otak dan mengamati bagaimana otak merespons pengobatan dan penuaan.

Deep South memungkinkan kita mempelajari otak seperti komputer, menganalisis komunikasi antar sel saraf untuk menentukan akar penyebab masalah neurologis. Ia bahkan dapat memvisualisasikan proses pembelajaran dengan mengamati bagaimana model superkomputer mendistribusikan tugas.

Meskipun mengungkap semua rahasia otak mungkin tampak mustahil, potensi Deep South tidak dapat disangkal. Keberhasilannya dapat membuka jalan bagi otak digital, membuka pintu untuk mengatasi penyakit-penyakit yang dulunya tidak dapat diobati.

Share
×
tekid
back to top