sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Senin, 17 Feb 2020 14:09 WIB

Selain kuat, robot ini bisa tuang air dan main piano

Bukan hanya sekadar mengangkat beban, tim peneliti juga melengkapi tangan robot dengan sensor gaya dan sentuhan di ujung jari dan telapak tangan.

Selain kuat, robot ini bisa tuang air dan main piano
Source: KIMM via New Atlas

Proses pengembangan robot yang dapat menangani benda sehari-hari dengan sentuhan selembut manusia merupakan tujuan yang dipegang secara luas oleh para peneliti di seluruh dunia. Robot yang mampu melakukan hal tersebut, dipercaya dapat menangani hampir semua jenis industri.

Dilansir dari New Atlas (17/2), para ilmuwan di Korea Institute of Machinery & Materials memamerkan tangat robot yang diklaim terkuat di dunia, dengan kemampuan untuk menangani benda tiga kali bobotnya sendiri. Selain itu, robot ini juga dapat melakukan tugas rumit seperti bermain piano atau menyajikan segelas air.

Robot eksperimen ini dirancang untuk meniru dimensi dan fungsi tangan manusia, meskipun ia melakukannya hanya menggunakan empat jari. Sebuah unit penggerak yang tertanam di telapak tangan mengendalikan 12 motor dan pergerakan masing-masing, dengan 16 jumlah sendi. Ini memungkinkan masing-masing sendi untuk bergerak secara independen satu sama lain. Tangan ini dapat mengangkat objek berbobot hingga 6 kg, meskipun robot itu banya memiliki bobot 1 kg.

Menurut para ilmuwan yang merancangnya, robot itu memiliki bobot lebih ringan dan lebih kuat dari pada tangan robot yang tersedia secara komersial dan menawarkan “kekuatan genggaman terkuat di dunia terhadap beratnya sendiri.” Tim juga mengatakan desainnya memungkinkan tangan untuk dipasang dengan mudah pada berbagai lengan robot.

Bukan hanya sekadar mengangkat beban, tim peneliti juga melengkapi tangan robot dengan sensor gaya dan sentuhan di ujung jari dan telapak tangan sehingga memungkinkan untuk mendeteksi dan menyesuaikan arah dan besarnya kekuatan ketika tangan bersentuhan dengan objek berbeda. Dengan demikian robot dapat melakukan hal-hal seperti menuang air ke gelas, memotong kertas dengan gunting, mengambil telur dan bermain piano.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top