Rusia uji coba roket baru menggunakan robot ke ISS

Nama asli mesin berteknologi mutakhir ini sebenarnya adalah Skybot F-850, dan merupakan salah satu versi terbaru dari robot FEDOR yang telah dikembangkan negara tersebut selama bertahun-tahun.

Rusia uji coba roket baru menggunakan robot ke ISS Source: Roscosmos

Badan antariksa Rusia, Roscosmos, baru saja meluncurkan roket pendorong Soyuz model baru menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station / ISS). Tidak seperti penerbangan Soyuz lain yang meluncur untuk membawa astronot ke stasiun luar angkasa, perjalanan kali ini tidak memiliki awak manusia di dalamnya.

Dilansir dari Engadget (22/8), penumpang dalam roket tersebut adalah robot berbentuk mirip manusia yang bernama Fyodor. Nama asli mesin berteknologi mutakhir ini sebenarnya adalah Skybot F-850, dan merupakan salah satu versi terbaru dari robot FEDOR yang telah dikembangkan negara tersebut selama bertahun-tahun.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi


Fyodor meluncur dengan 658 kg persediaan di atas roket Soyuz 2.1a, yang dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan digital baru dan mesin yang ditingkatkan. Penerbangan uji coba ini akan membantu Roscosmos menentukan apakah cukup aman untuk mengangkut manusia, termasuk astronot NASA, di masa mendatang. Jika semuanya berjalan dengan baik, misi kru pertama yang terbang di atas roket baru itu akan terjadi sekitar bulan Maret 2020.

Roscosmos memantau kondisi Fyodor selama proses peluncuran, dan ini akan terus mengawasi robot tersebut. Tidak seperti Robonaut2, yang bertahan di ISS selama bertahun-tahun, Fyodor hanya akan tinggal di sana selama dua minggu untuk menjalani beberapa pengujian. Setelah itu, akan menumpang roket Soyuz yang sama untuk kembali ke Bumi. Robot ini dijadwalkan tiba di ISS pada tanggal 24 Agustus dan akan kembali pada tanggal 6 September.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: