sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 10 Jan 2023 10:51 WIB

Robot self-balancing ini bisa angkat objek untuk keperluan gudang

Ilmuwan di Fraunhofer Institute for Material Flow and Logistics Jerman menciptakan robot self-balancing canggih untuk angkut barang.

Robot self-balancing ini bisa angkat objek untuk keperluan gudang

Kita telah melihat robot beroda yang cepat, gesit, dan dapat menyeimbangkan diri sendiri (self-balancing). Selain itu kita juga telah melihat robot yang dapat menggenggam dan membawa objek. EvoBOT terbukti sangat berguna, karena menggabungkan kedua sifat itu dalam satu mesin pintar.

Dirancang oleh para ilmuwan di Fraunhofer Institute for Material Flow and Logistics Jerman, purwarupa evoBOT tetap tegak menggunakan apa yang dikenal sebagai prinsip pendulum terbalik bergerak. Sederhananya, ini berarti bagian bawah robot terus bergerak bolak-balik, untuk menjaga bobot bagian atas tetap terpusat di atasnya.

EvoBOT memiliki dua kaki dengan roda bertenaga di bagian bawah, bersama dengan dua lengan yang memiliki bantalan pegangan berbentuk cakram yang menghadap ke dalam di ujungnya – tetapi evoBOT juga dapat dilengkapi dengan jenis gripper lainnya. Saat robot tidak membawa apa-apa, tangannya terlipat untuk sejajar di samping kakinya. Ia kemudian dapat bersandar ke depan dan berguling dengan kecepatan hingga 10 meter per detik.

Kamera optik ganda, bersama dengan sensor dan sistem pemetaan lainnya, memungkinkan robot untuk secara mandiri menavigasi jalannya melalui8 lingkungan seperti gudang, sambil menghindari rintangan dan berjalan menanjak, melewati tepian kecil, dan melintasi medan tidak rata.

Dilansir dari New Atlas (10/1), robot itu juga dapat membuat dirinya lebih pendek dengan merentangkannya ke arah horizontal. Dalam konfigurasi ini, rota bertenaganya berada di belakang, sedangkan roda pasif di bagian bawah lengannya berada di depan.

Saat evoBOT mencapai objek target, ia menangkap objek tersebut dengan meletakkan tangannya di kedua sisinya, lalu menggerakkan bantalan pegangannya ke dalam hingga memberikan tekanan yang cukup untuk mengangkatnya. Robot ini dapat membawa objek melalui gudang atau ke mana pun objek tersebut digunakan, dan melepaskan item saat tujuan tercapai.

Robot itu juga dapat memegang barang-barang beroda yang tidak bertenaga seperti troli, lalu mendorong atau menariknya dari satu tempat ke tempat lain.

Share
×
tekid
back to top