Robot ini secara otomatis bawa mobil ke tempat parkir

Pada dasarnya robot tersebut bertindak sebagai forklift, menggeser lengan logam di bawah mobil untuk mengangkatnya.

Robot ini secara otomatis bawa mobil ke tempat parkir Source: Stanley Robotics via Engadget

Setelah beberapa tahun menguji valet robotnya, Stanley Robotics secara resmi akan menempatkan armadanya di bandara Lyon-Saint-Exupéry, Perancis. Dilansir dari Engadget (16/3), pengunjung bandara dapat memarkir mobil di kotak khusus mirip garasi. Dari situ, mombil akan dibawa oleh valet robot.

Salas satu robot Stanley akan mengambil mobil pengunjung dan mengantarkannya ke tempat parkir valet. Ketika pengunjung kembali, sistem akan menggunakan informasi penerbangan untuk menentukan kapan harus membawa mobil kembali ke tempat awalnya. Kemudian dengan begitu pengunjung bisa mengambilnya. Lewat cara ini pengunjung tidak perlu lagi menunggu atau mencari tempat parkir.


BACA JUGA

Robot bersayap empat ini terbang mirip serangga

Teknologi baru Amazon bisa mengemas 700 barang per jam

Fleksibel dan bisa panjat dinding, robot ini terinspirasi dari lintah


Valet robot otonom itu terlihat seperti benda persegi panjang berukuran besar. Berdimensi sekitar ukuran SUV kecil. Pada dasarnya robot tersebut bertindak sebagai forklift. Robot ini  menggeser lengan logam ke bawah mobil untuk mengangkatnya.

Stanley Robotics mengatakan bahwa system ini jauh lebih efisein di tempat parkir ketimbang menggunakan tenaga manusia. Sistem tersebut dapat memuat 50 persen lebih banyak mobil di area yang sama, dengan memakirkannya lebih rapat dengan mobil-mobil lain.

Untuk saat ini Stanley Robotics akan beroperasi di 500 area tempat parkir, tetapi perusahaan tersebut mengatakan bahwa pada akhirnya mereka ingin melayani 6 ribu lokasi parkir. Belum ada kabar apakah perusahaan akan meluncurkan valet mutakhir ini di bandara lainnya? Akan tetapi mereka telah menguji coba teknologinya di bandara Düsseldorf International, Jerman, dan bandara Charles De Gaulle, Paris, Perancis. Pengujian lain direncanakan untuk bandara Gatwick, London, Inggris, akhir tahun ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: