Robot ini berbentuk lunak dan responsif terhadap suhu

Ketika Rollbot ditempatkan pada permukaan panas, engselnya melipat dan menjadi roda pentagonal. Inilah yang menyebabkan bodinya lunak.

Robot ini berbentuk lunak dan responsif terhadap suhu Source: Caltech via Engadget

Lantaran mampu berubah bentuk tergantung pada kebutuhan lingkungannya, robot lunak memiliki aplikasi potensial dalam segala hal mulai dari eksplorasi ruang angkasa hingga perawatan kesehatan. Tetapi kebanyakan robot lunak perlu ditambatkan, artinya harus dipasang pada kabel yang memasok udara bertekanan. Kini tim ilmuwan telah hadir dengan robot lunak yang tidak ditambatkan yang mampu mengubah bentuknya sebagai respons terhadap panas.

Tim ilmuwan dari Caltech tersebut menjelaskan menggunakan serangkaian lipatan seperti origami untuk membuat robot fleksibel. Mereka menciptakan dua jenis engsel berbeda yang terlipat pada suhu berbeda, sehingga kitika robot dipanaskan melipat dalam urutan tertentu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi


Keuntungan dari engsel tersebut adalah memungkinkan robot dikonfigurasikan ke dalam berbagai bentuk tetapi dalam parameter yang ditetapkan. Robot lunak biasanya memiliki tubuh unik yang sulit diprediksi dan dikendalikan.

Salah satu robot yang mereka buat menggunakan teknik ini adalah Rollbot, yang dirancang sebagai lembaran datar berukuran 8 x 4 cm. Ketika Rollbot ditempatkan pada permukaan panas, engselnya melipat dan menjadi roda pentagonal.

Ketika Rollbot telah mencapai bentuk rodanya, sisi-sisinya bersentuhan dengan permukaan yang panas dan engsel keluar secara bergantian sehingga mendorong robot ke arah depan. Pada dasarnya robot dapat berputar secara sendirinya.

Meski robot ini dikendalikan menggunakan suhu, versi mendatangnya diinformasikan dapat dikontrol oleh faktor lain seperti cahaya dan tingkat kelembapan. Lantaran mampu mamanipulasi bahan aktif denghan cara ini, maka robot lunak tidak akan terhalang oleh masalah tambatan. Demikian dilansir dari Engadget (23/8).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: