MIT kembangkan robot pembuat sushi

Para peneliti MIT telah mengembangkan sistem simulasi partikel berbasis machine learning yang membantu robot memperbaiki pendekatannya.

MIT kembangkan robot pembuat sushi Source: Pexels

Selama ini telah banyak upaya untuk mengajarkan robot, cara mengambil benda-benda rapuh. Akan tetapi robot cenderung mengandalkan perkiraan yang kurang akurat sehingga objek menjadi hancur berantakan. Dilansir dari Engadget (22/4), para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) mungkin memiliki solusi yang lebih baik dengan mengajarkan robot untuk memprediksi bagaimana tekstur yang paling halus sekalipun akan bereaksi terhadap sentuhannya.

Para peneliti tersebut telah mengembangkan sistem simulasi partikel berbasis machine learning yang membantu robot memperbaiki pendekatannya. Model baru ini menangkap bagaimana potongan kecil dari bahan tertentu bereaksi terhadap sentuhan. Belajar dari informasi itu robot pun bisa berinteraksi fisik dengan lebih baik. Cara ini mirip dengan bagaimana manusia secara intuitif memahami daya kekuatan cengkeraman mereka.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menkominfo berbincang dengan robot Sophia

Dokter di India lakukan operasi menggunakan robot

Robot humanoid Rusia sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi


Tim peneliti itu mendemonstrasikan sistemnya dengan menugaskan robot dua jari, RiceGrip, dengan dengan membentuk kembali busa yang dapat berubah bentuk menjadi bentuk yang diinginkan, seperti halnya manusia membuat sushi. Konsep ini menggunakan kamera pendeteksi kedalaman dan pengenalan objek untuk mengidentifikasi benda.

Para ilmuwan tersebut juga ingin meningkatkan pendekatan dengan menggunakan sebagian situasi yang dapat diamati. Beberapa kasus yang mereka uji cobakan pada robot tersebut seperti halnya, mengajarkan bagaimana tumpukan kotak akan jatuh. Meski robot RiceGrip mungkin tidak akan menggantikan koki sesungguhnya dalam waktu dekat, metode machine learning MIT membuat prospek itu jauh lebih realistis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: