sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Jumat, 11 Agst 2023 07:05 WIB

Huawei ciptakan koneksi NearLink, 6x lebih cepat dari Bluetooth

NearLink adalah hasil dari upaya kolaboratif antara lebih dari 300 perusahaan dan institusi terkemuka dari seluruh dunia.

Huawei ciptakan koneksi NearLink, 6x lebih cepat dari Bluetooth

Huawei baru-baru ini memperkenalkan NearLink, teknologi koneksi nirkabel jarak pendek generasi terbarunya. Komunikasi jarak pendek adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat terhubung satu sama lain dalam jarak pendek.

Salah satu contoh komunikasi jarak pendek yang paling umum adalah Bluetooth. Tetapi teknologi NearLink baru Huawei diklaim jauh lebih cepat daripada Bluetooth. Dan ini berpotensi untuk digunakan sebagai teknologi koneksi standar untuk perangkat masa depan.

Itu adalah pencapaian yang signifikan bagi Huawei, karena telah masuk daftar hitam oleh pemerintah AS. Namun, Huawei tetap menjadi pemain utama dalam industri teknologi global, dan NearLink adalah tanda bahwa perusahaan tersebut masih berinovasi meskipun menghadapi banyak tantangan.

Dilansir dari Gizmochina (11/8), NearLink adalah hasil dari upaya kolaboratif antara lebih dari 300 perusahaan dan institusi terkemuka dari seluruh dunia. Ini menggabungkan kekuatan teknologi nirkabel tradisional seperti Bluetooth dan Wi-Fi, menghasilkan koneksi yang jauh lebih cepat, lebih andal, dan lebih hemat energi.

NearLink enam kali lebih cepat daripada Bluetooth dan memiliki latensi hanya 1/30 milidetik. Ini membuatnya ideal untuk aplikasi yang membutuhkan transfer data berkecepatan tinggi dan latensi rendah, seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR). NearLink juga mendukung koneksi grup hingga 10 kali lebih banyak daripada Bluetooth, membuatnya sangat cocok untuk aplikasi multi-perangkat seperti sistem rumah pintar dan otomasi industri. Selain itu, konsumsi energinya telah menurun hingga 60%.

Huawei mengatakan NearLink dapat digunakan dalam berbagai skenario, termasuk elektronik konsumen, rumah pintar, kendaraan listrik, dan manufaktur pintar industri.

Tetapi Huawei bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan teknologi koneksi nirkabel jarak pendek baru. Apple memiliki teknologinya sendiri yang disebut Ultra Wideband (UWB). Perusahaan lain seperti Qualcomm dan MediaTek juga terlibat dalam pengembangan bidang ini. Namun, NearLink tampaknya merupakan teknologi koneksi nirkabel jarak pendek canggih yang berpotensi menjadi standar untuk perangkat masa depan.

Share
×
tekid
back to top