sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Selasa, 31 Okt 2023 09:12 WIB

Google kembangkan teknologi pengubah ANC jadi monitor jantung

Peneliti Google telah mengembangkan teknologi baru yang disebut APG (Audioplethysmography) yang dapat mengubah earbud ANC saat ini menjadi monitor jantung.

Google kembangkan teknologi pengubah ANC jadi monitor jantung

Peneliti Google telah mengembangkan teknologi baru yang disebut APG (Audioplethysmography) yang dapat mengubah earbud ANC saat ini menjadi monitor jantung dengan bantuan update perangkat lunak. Dilansir dari Gizmochina (31/10), raksasa teknologi itu menerbitkan makalah penelitian berjudul “APG: Audioplethysmography for Cardiac Monitoring in Hearables” yang merinci teknologi baru tersebut.

Google mengatakan APG adalah sistem penginderaan akustik yang mengirimkan sinyal pemeriksaan ultrasonik intensitas rendah menggunakan speaker pada earbud dan headphone ANC, dan menerima gema melalui mikrofon terintegrasinya. Perusahaan tersebut kemudian menggunakan model matematika untuk menganalisis dan mengubah gema APG menjadi pembacaan detak jantung.

Google melakukan studi lapangan selama delapan bulan dengan 153 peserta untuk mengevaluasi APG dan menemukan bahwa APG sangat akurat dalam melaporkan pembacaan detak jantung (kesalahan median 3,21%) dan pembacaan variabilitas detak jantung (kesalahan median 2,70%).

Teknologi tersebut bahkan berfungsi untuk memantau aktivitas jantung saat musik diputar di earbud dan saat tubuh bergerak saat melakukan aktivitas seperti berlari.

Google kini fokus menguji APG dengan aktivitas gerak yang lebih ketat seperti hiking, angkat beban, tinju, dan HIIT (pelatihan interval intensitas tinggi) untuk meningkatkan kinerja teknologi tersebut. Perusahaan percaya bahwa APG mempunyai potensi untuk membuka banyak peluang penelitian kesehatan menarik lainnya.

Share
×
tekid
back to top