sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Senin, 22 Jan 2024 16:59 WIB

Elon Musk sebut bakal ada 1 miliar robot manusia pada 2040

Elon Musk mengatakan prediksinya soal kemungkinan ada sekitar 1 miliar robot manusia yang ada di bumi pada 2024 mendatang.

Elon Musk sebut bakal ada 1 miliar robot manusia pada 2040

Founder SpaceX, Elon Musk memprediksi akan ada banyak sekali produk robot manusia mulai dua dekade dari sekarang. Lebih tepatnya, Elon Musk menyebut bakal ada sekitar 1 miliar robot manusia yang diproduksi oleh seluruh perusahaan teknologi di dunia pada 2040.

Dilansir dari FOX Business (22/1), Elon Musk mengungkapkan bahwa prediksinya ini bukan tanpa dasar sebab peneliti Artificial Intelligence (AI) Midjourney, David Holz juga telah mengatakan hal serupa pada pekan lalu. Menurut David Holz manusia sepertinya harus mulai bersiap sebab 20 tahun dari sekarang akan semakin banyak robot canggih yang akan mengambil alih sebagian besar tugas penting. 

"Kita harus bersiap terhadap kehadiran miliaran robot manusia di bumi pada 2040 dan ratusan miliar robot canggih yang akan memenuhi tata surya pada 2060 nanti." Ungkap David Holz.

Merespons hal tersebut, Elon Musk turut percaya bahwa memang kelak robot manusia akan 'menjamur' bahkan mungkin tidak terbatas hanya di bumi saja. Oleh karena itu, Elon Musk menyebut kehadiran robot manusia nantinya akan sangat mempengaruhi sistem yang mendasari terbentuknya suatu peradaban. 

"Mungkin sesuatu seperti itu (robot manusia), akan membuat sebuah sistem dasar dari terbentuknya suatu peradaban yang lebih stabil," ucap Elon Musk.

Adapun Elon Musk merupakan salah satu sosok penting di dunia teknologi saat ini, sebab berkat perusahaan yang dijalankannya seperti Tesla, sejumlah robot canggih mampu mulai diproduksi. Kendati saat ini produk robot ciptaan Tesla masih dianggap belum sempurna, namun Elon Musk optimis kelak produknya bakal semakin membaik.

Salah satu robot canggih ciptaan Tesla yakni Tesla Optimus baru-baru ini juga sempat mendapat kritik dari publik lantaran tidak mampu memenuhi ekspektasi bahwa robot tersebut bisa bergerak secara autopilot. Namun, kenyataannya robot tersebut masih butuh dikendalikan dari jarak dekat oleh manusia dan menanggapi hal tersebut Elon Musk menyebut produknya memang belum sempurna sehingga masih butuh waktu sekitar 10 tahun lagi.

"Masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan untuk Optimus," kata Elon Musk. "Saya pikir Optimus akan menjadi sangat luar biasa pada 5-10 tahun lagi," pungkasnya.  

Share
×
tekid
back to top