sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 21 Apr 2023 14:07 WIB

ChatGPT berpotensi bocorkan rahasia dan data pribadi

Risiko ini menggarisbawahi pentingnya mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan saat mengintegrasikan AI Generatif seperti ChatGPT.

ChatGPT berpotensi bocorkan rahasia dan data pribadi

ChatGPT dan Kecerdasan Buatan Generatif (AI Generatif) lainnya menimbulkan ancaman jangka panjang bagi masyarakat karena berpotensi membocorkan data pribadi dan perusahaan yang rahasia dan sensitif.

Menurut laporan baru-baru ini oleh Team8, sebuah perusahaan Israel yang berspesialisasi dalam keamanan siber, data, dan fintech; ketika perusahaan mengadopsi teknologi AI Generatif, mereka dapat membuka kemungkinan bocornya informasi konsumen dan bisnis yang sensitif serta pribadi seperti kekayaan intelektual, informasi rahasia, kode sumber, dan rahasia dagang.

Dilansir dari Gizmochina, laporan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa ada kemungkinan besar data dibagikan dengan pihak ketiga secara lebih sering dan tidak dapat diprediksi, karena penerimaan AI Generatif yang meluas dan integrasinya dengan aplikasi pihak ketiga.

Selain kebocoran data, AI Generatif juga dapat digunakan oleh pelaku ancaman untuk tujuan tidak bertanggung jawab, seperti serangan phishing, rekayasa sosial, penipuan, dan aktivitas jahat lainnya. Apalagi dengan AI Generatif, menulis malware akan menjadi lebih mudah dan lazim.

Laporan tersebut juga menekankan potensi risiko yang ditimbulkan oleh aplikasi pihak ketiga yang menggunakan aplikasi AI Generatif, sehingga dapat memungkinkan akses tidak sah ke email dan browser web. Jika terjadi celah seperti itu, penyerang dapat melakukan tindakan atas nama pengguna.

Risiko ini menggarisbawahi pentingnya mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan saat mengintegrasikan AI Generatif, seperti memprioritaskan pertimbangan keamanan dan privasi, serta melakukan penilaian menyeluruh terhadap kemungkinan implikasi sebelum penerapan.

Selain itu, laporan juga memberikan beberapa solusi untuk perusahaan yang bekerja dengan AI Generatif. Untuk mengelola risiko yang terkait dengan AI Generatif, mengidentifikasi risiko terkait dan memahami potensi dampaknya terhadap organisasi adalah suatu keharusan.

Di sisi lain, memilih penyedia AI Generatif yang tepat yang menyediakan opsi keamanan dan kebijakan khusus untuk pelanggan mereka, seperti retensi data dan pilihan keluar, juga terbukti bermanfaat. Selain itu, menilai potensi alternatif lokal mungkin berguna.

Sebagai informasi, AI Generatif adalah teknologi AI yang dapat menghasilkan teks, gambar, atau media lain sebagai respons terhadap petunjuk yang diberikan. Sistem ini menggunakan model generatif, termasuk model bahasa besar, untuk menghasilkan data yang baru dan unik.

Tidak seperti AI konvensional yang terutama berkonsentrasi pada tugas-tugas seperti mengidentifikasi pola, menyempurnakan analitik, mengkategorikan data, dan mendeteksi penipuan, fungsi utama AI Generatif adalah menghasilkan konten baru, respons obrolan, desain, data sintetis, dan bahkan deep fake.

Menurut perusahaan konsultan manajemen Gartner, 10% dari semua data yang dibuat akan diproduksi oleh AI Generatif pada tahun 2025. Beberapa contoh terbaik dari AI Generatif termasuk ChatGPT yang dibuat oleh OpenAI, Bard yang dibuat oleh Google, dan lain-lain.

Share
×
tekid
back to top