sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 07 Jul 2023 18:00 WIB

Bulan Saturnus Enceladus bisa dukung species mirip Bumi

Bulan Saturnus yang dikenal sebagai Enceladus dapat mendukung spesies yang mirip dengan Bumi. .

Bulan Saturnus Enceladus bisa dukung species mirip Bumi

Satelit alami (bulan) Saturnus yang dikenal dengan Enceladus memiliki fosfor. Temuan ini berasal dari partikel es yang dianalisis baru-baru ini yang dipancarkan dari gumpalan samudra satelit alami, yang terdeteksi oleh pesawat ruang angkasa Cassini milik NASA. Penemuan tersebut berarti Enceladus memiliki semua blok bangunan kimia untuk kehidupan seperti yang kita kenal di Bumi.

"Ya, Enceladus memang memiliki semua bahan yang dibutuhkan kehidupan khas Bumi untuk hidup dan bahwa lautan di sana dapat dihuni untuk kehidupan seperti yang kita ketahui," kata Morgan Cable, ahli kimia astrobiologi di NASA Jet Propulsion Laboratorium sebagaimana dilansir dari Engadget (7/7)..

Cassini, yang menjelajah di atmosfer Saturnus pada tahun 2017, mengumpulkan data dengan melewati geyser Enceladus yang terus meletus di kutub selatannya dan cincin E Saturnus, yang juga mengandung partikel yang lepas dari bulan. Di bawah kerak esnya, Enceladus memiliki lautan bawah permukaan yang hangat, sedalam lebih dari 50 km, menyelimuti seluruh bulan Saturnus.

Letusan di kutub selatannya memuntahkan partikel es ke luar angkasa, memungkinkan kapal penelitian seperti Cassini untuk mempelajari susunan kimiawi lautan tanpa menyelam atau bahkan menyentuh permukaan bulan.

Data dari misi sebelumnya menunjukkan bahwa bulan Saturnus memiliki semua blok bangunan penting kehidupan — karbon, hidrogen, nitrogen, oksigen, dan belerang — kecuali fosfor. Dilansir dari Engadget, sebuah tim ilmuwan planet menemukan sembilan butir yang mengandung fosfat (fosfor yang terikat pada atom oksigen) di antara sekitar 1.000 sampel yang awalnya diabaikan oleh para peneliti. Jumlah kecil yang terdeteksi mencerminkan kelangkaan fosfor. “Dari enam elemen bioesensial, fosfor sejauh ini merupakan yang paling langka di alam semesta,” kata Frank Postberg, penulis utama studi tersebut.

Tentu saja, Enceladus yang mengandung persyaratan kehidupan tidak berarti kehidupan ada di bulan Saturnus tersebut. "Langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah memang dihuni, dan akan melakukan misi di masa depan untuk menjawab pertanyaan itu," kata Cable. “Tapi ini mengasyikkan, karena membuat Enceladus menjadi tujuan yang lebih menarik untuk dikunjungi dan melakukan pencarian semacam itu.”

NASA akan mendapat kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut saat misi Dragonfly menuju Titan bulan Saturnus pada tahun 2027; misi lain yang diusulkan dapat tiba di Enceladus sekitar tahun 2050. Selain itu, Teleskop Luar Angkasa James Webb dapat membantu lebih jauh untuk menerangi kerusakan kimia lautan bawah tanah Enceladus yang hangat.

Share
×
tekid
back to top