Smartphone terbaik 2019 pilihan kami

Oleh: Tek ID - Kamis, 12 Des 2019 16:05 WIB

Kami telah berdiskusi untuk memilah milih smartphone terbaik sepanjang 2019. Daftarnya bisa jadi berbeda dengan versi Anda.

Industri smartphone Tanah Air sepanjang 2019 sangat menarik karena banyak hal baru. Selain produk baru, ada juga vendor baru yang berlomba menawarkan smartphone terbaik bagi pelanggan. Ada pula vendor yang timbul tenggelam, sehingga eksistensinya tak begitu kentara.

Kami telah mencoba, menguji dan membandingkan berbagai smartphone yang meluncur tahun ini, tentunya dari berbagai merek. Pengujian yang kami lakukan adalah kombinasi antara pengalaman penggunaan dan hasil benchmark sintetis. Kami mengedepankan jurnalisme sudut pandang orang pertama. Dengan demikian, penilaian berdasarkan pengalaman penggunaan bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain, walaupun produknya sama.

Dalam hal benchmark sintetis, kami menekankan konfigurasi yang serupa pada setiap produk. Begitu juga penggunaan beberapa alat ukur untuk mendapatkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan. Untuk menguji kinerja perangkat, kemampuan grafis dan daya tahan baterai, kami menggunakan aplikasi yang meliputi: Basemark OS 11, GFX Bench, Andro Bench, 3D Mark, PC Mark, dan Game Bench. Software-software tersebut merupakan standar banyak penguji dan media teknologi lain secara global.

Akhirnya, setelah proses diskusi bersama seluruh tim redaksi, kami pun sepakat untuk membagi delapan kategori. Kategori-kategori ini kami bagi berdasarkan harga yang berpatok pada standar International Data Corporation (IDC) mengenai kategori smartphone. Dengan begitu, meski vendor smartphone menganggap bahwa produk mereka adalah flagship, pada kategori kami belum tentu masuk kategori tersebut.

Selain itu, ada kategori lain yang kami ukur di luar rentang harga standar IDC, seperti kategori best camera yang berfokus pada penilian terhadap uji dan kualitas kameranya. Ada pula best value, yang pemenangnya kami pilih berdasarkan kesesuaian price to value yang ditawarkan ke konsumen memang sangat menarik.

Editor