Selamat tinggal, BBM

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 18 Apr 2019 11:41 WIB

Setelah melayani masyarakat dunia selama lima tahun, BBM pada akhirnya mengakui kekalahan dari aplikasi modern lainnya dan akan menutup layanannya pada 31 Mei mendatang.

Layanan BBM diberhentikan

Dewasa ini, layanan aplikasi perpesanan melalui data sudah menjadi sebuah hal yang lumrah untuk digunakan. Metode pengiriman pesanan menggunakan pulsa pun kini sudah banyak ditinggalkan.

Jika berbicara mengenai aplikasi perpesanan, pastinya kita ingat dengan salah satu aplikasi pesan berbasis data legendaris, yakni BlackBerry Messenger alias BBM. Sayang, setelah lima tahun beroperasi, mereka mengumumkan bahwa layanan tersebut akan berakhir pada 31 Mei mendatang.

Hal ini diungkapkan langsung oleh pihak BBM melalui sebuah keterangan resmi di blog resmi mereka. Tentu saja, banyak pengguna setia yang merasa sedih karena layanan tersebut akan berakhir. Pihak BBM pun menyatakan rasa terima kasih mereka kepada para penggunanya.

"Kami berterima kasih atas dukungan Anda dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang, terutama pengguna, mitra, dan karyawan kami, karena menjadi bagian dari perjalanan layanan konsumen BBM," kata perwakilan BBM.

Oh iya, bagi Anda kaum millennial, mungkin kalian baru merasakan aplikasi ini selama tiga tahun terakhir, tepatnya pada November 2013. Hal ini dikarenakan sebelum masuk ke platform Android dan iOS, layanan ini eksklusif untuk digunakan di perangkat BlackBerry saja.