Penggunaan layanan Google meningkat selama pandemi Covid-19

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 29 Apr 2020 10:03 WIB

Dalam panggilan pendapatan mereka, CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai menyebut adanya peningkatan layanan pengguna selama covid 19.

Google

Perusahaan induk Google, Alphabet baru saja mengumumkan hasil pendapatan mereka untuk kuartal pertama 2020. Tampaknya, pengaruh dari penyebaran virus corona juga ikut berdampak ke perusahaan mereka.

CEO Alphabet dan Google, Sundar Pichai menyebutnya sebagai "tale of two quarters" pada panggilan pendapatan dengan investor dan mencatat bahwa kinerja iklan terdampak besar pada bulan Maret setelah sebelumnya mereka mendapatkan dua bulan yang sangat kuat.

Pichai juga mencatat beberapa bagian dari bisnis Alphabet yang sedang naik daun di tengah pandemi ini. Mereka mencatatkan peningkatan pencarian di mesin pencari selama pandemi ini terjadi.

“Untuk pencarian terbanyak adalah aktivitas pencarian terkait virus, naik empat kali puncak aktivitas pencarian Super Bowl. Begitu juga dengan waktu menonton YouTube,” kata Pichai, seperti dikutip dari laman Engadget (29/4).

Sayangnya Pichai tak mengungkap rincian peningkatan tersebut, hanya menyebut layanan streaming-nya pun meningkat karena pandemi.