Messenger bakal menyatu lagi dengan Facebook

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 13 Apr 2019 18:00 WIB

Kini laporan baru menyebutkan Facebook akan kembali mengintegrasikan platform-nya dengan aplikasi Messenger.

(Foto: Pexels)

Pesan di Facebook atau disebut Messenger, sebelumnya tersedia dalam satu platform. Tak terpisah dalam aplikasi yang berbeda sebagaimana saat ini. Namun kemudian Facebook memisahkannya sehingga pengguna harus mengunduh Messenger untuk mengakses pesan Facebook melalui aplikasi.

Kini Facebook berencana untuk mengembalikan Messenger agara terintegrasi dengan platform-nya. Ini mungkin menjadi kabar baik bagi pengguna yang merasa repot untuk berpindah aplikasi, hanya demi chating. Setelah sebuah kode menunjukkan kemungkinan intergrasi itu, kini Facebook mengonfirmasi melalui pengujian yang melibatkan pesan pribadi, dikirimkan melalui aplikasi Facebook.

Menurut teknisi Jane Manchun Wong, dalam sebuah keterangan rahasia menunjukkan Facebook tengah dirancang ulang dengan jalan pintas untuk mengakses Messenger. Alih-alih membuka aplikasi terpisah, pengujian itu menunjukkan aplikasi membuka halaman dalam platform yang sama untuk mengakses semua obrolan Facebook.

Facebook is bringing the Chats back to the app for preparing integrated messaging

Tip @Techmeme pic.twitter.com/LABK7qrk0e — Jane Manchun Wong (@wongmjane) April 12, 2019

Menurut Wong, fitur ini belum sepenuhnya mendukung semua yang dimiliki Messenger saat ini. Tak ada fitur panggilan, reaksi atau kemampuan untuk berkirim foto. Ini menunjukkan kemungkinan bahwa Messenger akan tetap menjadi aplikasi mandiri disertai lebih banyak fitur. Namun beberapa fitur bisa diakses dari Facebook karena terintegrasi.