Ingin langkahi Google, Samsung kembangkan AI di Kanada

Oleh: Nur Chandra Laksana - Minggu, 21 Okt 2018 16:38 WIB

Saat ini Google mungkin memiliki AI yang sangat canggih di beberapa bidang sekaligus. Namun, Samsung ingin mengambil gelar ini dari mereka.

Ilustrasi AI (Pixabay)

Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI kini sedang menjadi sorotan. Berbagai perusahaan besar maupun startup mulai mengembangkan AI terbaik. harapannya, teknologi dapat membantu manusia di masa depan.

Saat ini, bisa dikatakan jika Google memiliki AI yang sangat canggih di beberapa bidang sekaligus, termasuk asisten digital pribadi mereka yakni Google Assistant. Namun, hal ini tidak membuat perusahaan teknologi lain untuk berusaha menyalip mereka, salah satunya adalah Samsung.

Langkah raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut lakukan adalah dengan membangun sebuah pusat penelitian AI raksasa. Mereka pun memilih membangun pusatnya di Montreal, Kanada, sebagai markas pengembangan AI mereka.

Ini bukan kali pertama Samsung membangun pusat penelitian di Kanada. Sebelumnya, mereka telah membangun pusat penelitian lain yang berlokasi di Toronto.

Pengambilan lokasi ini pun bukan tanpa sebab. Phone Arena (21/10) menyebutkan jika Samsung melihat lokasi ini sangat dekat dengan Universitas Montreal dan McGill University, dua lembaga yang masing-masing dikenal karena keahlian mereka dalam pembelajaran mendalam dan interaksi manusia-robot.