Gmail kini punya logo baru

Oleh: Hieronimus Patardo - Rabu, 07 Okt 2020 07:32 WIB

Google mengganti logo Gmail yang lekat dengan citra amplop. Tidak hanya itu, penggantian logo juga terjadi di Google Docs, Sheets, Meet dan Calendar.

Source: Google

Google ganti logo Gmail ke bentuk baru yang diklaim lebih bersinergi dengan beberapa logo di layanan lainnya. Bentuk amplop dengan warna putih dan merah yang ikonik itu akhirnya diganti dengan huruf M dan kombinasi warna biru, merah, kuning dan hijau. 

Dilihat sekilas, warna-warna ini mengingatkan kita pada warna yang terdapat di logo Google Drive, Maps, Google Photo dan beberapa layanan Google lainnya. Huruf M tampaknya dipilih untuk merujuk pada kata “Mail”. Siluet M ini sebenarnya sudah terlihat dalam logo Gmail lama, namun hadir dengan warna merah.

Dilansir dari TheVerge (7/10), Google menyadari kalau bentuk amplop itu sebenarnya bukanlah bagian terpenting dari logo Gmail. Karena itu, perusahaan ini mulai bereksperimen dengan huruf M saja, dan menambahkan warna-warna dasar Google ke logo tersebut. 

Jika mau dirinci, logo ini sebenarnya masih tetap dominan dengan warna merah. Ini terlihat melalui bagian tengah huruf M tersebut. Nah, warna biru dan hijau akan menjadi penyangga dari bagian yang berwarna merah. Sementara ada sedikit aksen kuning ketika warna merah bertemu dengan hijau.