Facebook kini transparan, data iklan berbayar diumbar

Oleh: Lely Maulida - Jumat, 29 Maret 2019 13:26

Kini pengguna bisa mencari seberapa banyak dana yang dikeluarkan oleh pihak tertentu untuk beriklan di Facebook.

Kini pengguna bisa mencari seberapa banyak dana yang dikeluarkan oleh pihak tertentu untuk beriklan di Facebook. Iklan itu biasanya muncul dan direferensikan di sebuah halaman. Fitur yang berisikan informasi terkait iklan tersebut merupakan bagian dari peluncuran Ads Library oleh Facebook.

Fitur tersebut dihadirkan guna meningkatkan transparansi setelah iklan di Facebook digunakan untuk mencoba mempengaruhi pemilihan umum di Amerika Serikat (AS) pada 2016. Arsip iklan Facebook yang dirilis pada Mei 2018, sebelumnya hanya menyertakan iklan terkait masalah politik atau kebijakan. Namun kini fitur itu diperbarui, dengan menampilkan semua iklan aktif termasuk iklan politik.

Informasi yang dicantumkan termasuk tanggal pembuatan halaman, kaitannya dengan halaman lain, perubahan nama halaman dan dari mana halaman dikelola. Ada juga opsi untuk melaporkan iklan yang melanggar kebijakan, dimana semua opsi itu berada di tab "Transparansi Halaman".

Pengguna bisa mencari iklan politik, menggunakan kata kunci atau iklan lain dengan nama halamannya. Facebook kemudian akan membantu memberikan saran secara otomatis yang disesuaikan dengan kata pencarian. Ads Library juga menampilkan total iklan politik dari halaman terkait, dalam seminggu terakhir atau sejak Mei 2018, dalam hitungan mingguan.

Di Mei mendatang, Facebook menawarkan laporan Ads Library harian, bulanan dan triwulan yang bisa diunduh pengguna. Tak hanya mingguan seperti saat ini.