Facebook dan Instagram perketat privasi akun remaja

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 22 Nov 2022 13:32 WIB

Pengaturan baru ini memungkinkan akun Facebook pengguna remaja menjadi "Private", guna membatasi detail profil dari akun dewasa yang mencurigakan.

Meta mengumumkan sejumlah pengaturan privasi baru untuk para pengguna Facebook berusia di bawah 16 tahun. Pengaturan ini akan aktif secara default bagi mereka yang baru akan mendaftar, dan menjadi opsi yang wajib diaktifkan bagi remaja yang sudah memiliki akun.

Pengaturan baru ini memungkinkan akun Facebook pengguna remaja menjadi "Private", guna membatasi detail sehingga hanya pengguna sesama remaja yang dapat melihat postingan, pengikut serta daftar yang mereka ikuti. 

Selain itu, pengaturan juga mengharuskan pengguna untuk meninjau unggahan yang menandai mereka dan hanya mengizinkan pengikut untuk mengomentari unggahan publiknya.

Facebook juga berusaha melindungi pengguna remaja dari predator dewasa. Hal ini dilakukan dengan menguji cara untuk mencegah remaja mengirim pesan kepada orang dewasa di platform, yang baru-baru ini diblokir atau dilaporkan oleh seorang anak muda. 

Akun orang dewasa yang "mencurigakan" tidak akan ditampilkan dalam rekomendasi People You May Know dan akan mulai meminta remaja untuk melaporkan akun yang mereka blokir juga.