AMD kenalkan prosesor 32 core untuk konsumen

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Jumat, 08 Jun 2018 13:21 WIB

Threadripper generasi kedua bakal hadir dengan kombinasi 32 core dan 64 thread atau punya jumlah core dua kali lipat dari sebelumnya

AMD punya berita besar di Computex 2018. Perusahaan pembuat chip asal Amerika Serikat tersebut mengumumkan beberapa produk dengan teknologi terbaru. Salah satu produknya adalah prosesor Threadripper generasi kedua yang kini punya jumlah core dan thread dua kali lipat dari pendahulunya.

Jika Anda tahu berapa jumlah core Threadripper generasi pertama, Anda bakal langsung tahu konfigurasinya di generasi kedua ini. Ya, prosesor untuk platform High-End Desktop (HEDT) ini sekarang punya konfigurasi hingga 32 core dan 64 thread. Perlu diingat Threadripper bukan merupakan prosesor kelas enterprise. Ia masih merupakan prosesor PC untuk kelas konsumen.

Tidak punya "dummy die" lagi?

Ada beberapa hal yang membedakan Threadripper generasi kedua ini dengan pendahulunya. Pertama, Threadripper generasi kedua kali ini punya empat die aktif ketimbang dua di pendahulunya. Die tersebut terdiri dari 2 CCX (Core Complex) yang masing-masing terdiri dari 4 core. Dengan kata lain kali ini prosesor Threadripper tidak memiliki "dummy die".

Selain itu, Threadripper generasi kedua ini sudah menggunakan arsitektur prosesor terbaru Zen+ yang menggunakan pemrosesan 12nm. Arsitekturnya sama dengan prosesor Ryzen 2nd Gen yang sudah dirilis sebelumnya dan ada di pasar saat ini.

Menariknya prosesor ini masih menggunakan socket yang sama seperti pendahulunya, yaitu TR4. AMD mungkin akan menggunakan strategi yang sama di Threadripper kali ini yaitu memungkinkan pengguna Threadripper sebelumnya untuk melakukan upgrade ke prosesor baru tanpa harus mengganti motherboard-nya dan hanya melalui update BIOS.