AirAsia resmi akuisisi Gojek Thailand

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 07 Jul 2021 15:54 WIB

AirAsia melakukan akuisisi Gojek Thailand untuk segera mewujudkan ambisi digital dan dapat bersaing di pasar Asia.

Sebuah kabar mengejutkan datang dari Gojek yang beroperasi di Thailand. Mulai beberapa pekan ke depan, Gojek sudah tak lagi mengendalikan operasional perusahaan tersebut. Dalam sebuah laporan terbaru, yang akan memegang kendali Gojek di Thailand adalah AirAsia. Maskapai penerbangan ini melakukan akuisisi Gojek Thailand untuk segera mewujudkan ambisi digital dan dapat bersaing di pasar Asia.

Kedua perusahaan secara resmi telah mengumumkan kesepakatan pertukaran saham pada Rabu (7/7) waktu setempat. Akuisisi ini membuat Gojek akan memiliki saham yang tidak ditentukan dalam bisnis "superapp" AirAsia.

Tidak ada informasi apapun mengenai seberapa besar nilai kesepakatan pengalihan saham ini. Namun Gojek mengatakan perusahaan tersebut memiliki nilai pasar sekitar USD1 miliar atau sekitar Rp14,2 triliun. Ini merupakan klaim yang cukup besar.

Perjanjian tersebut menunjukkan bagaimana AirAsia mencoba untuk bergabung dengan jajaran aplikasi super Asia Tenggara bersama Gojek dan Grab. Mereka akan menjajal bagaimana rasanya terjun ke bisnis yang mencakup layanan pemesanan kendaraan dan pengiriman hingga pembayaran online.

“Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami akan dapat meningkatkan ambisi kami di ruang ini untuk menjadi superapp penantang ASEAN terkemuka,” kata CEO grup AirAsia, Tony Fernandes seperti dikutip dari Nikkei (7/7).