3 poin utama transformasi digital yang dibahas dalam KTT Malaysia

Oleh: Zhafira Chlistina - Kamis, 24 Agst 2023 17:07 WIB

Dalam diskusi panel Telecommunications Regulatory Summit yang diselenggarakan perdana oleh Ookla, para regulator membedah strategi untuk meningkatkan konektivitas broadband dan mempersempit kesenjangan digital.

Source: Unsplash/Luis Benito

Transformasi digital menjadi salah satu topik yang dibahas dalam KTT Malaysia yang digelar pada tanggal 16 Juli 2023, di Kuala Lumpur, Malaysia. Acara KTT yang diselenggarakan mempertemukan lebih dari 40 peserta regulator dari sepuluh negara di kawasan ini.

Dalam diskusi panel Telecommunications Regulatory Summit yang diselenggarakan perdana oleh Ookla, para regulator membedah strategi untuk meningkatkan konektivitas broadband dan mempersempit kesenjangan digital. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memajukan transformasi digital.

Berikut ini poin-poin penting yang disimpulkan dalam KTT terkait transformasi digital di wilayah Asia Tenggara:

1. Regulasi berbasis data untuk mendorong konektivitas

KTT menekankan bahwa data crowdsourcing memainkan peran penting dalam mengukur kemajuan, mengidentifikasi kesenjangan konektivitas, dan membuat keputusan yang tepat untuk menjembatani kesenjangan digital, memastikan bahwa broadband berkualitas tinggi dapat diakses oleh semua orang, termasuk daerah pedesaan dan terpencil.