Uji QNAP TS-1277, NAS tapi pakai prosesor Ryzen

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Jumat, 20 Jul 2018 11:34 WIB

QNAP TS-1277 merupakan NAS pertama di dunia yang menggunakan prosesor AMD Rzyen 7 1700 dengan keunggulan punya jumlah core dan thread yang banyak

Kalau terus mengikuti artikel ulasan Tek.id, Anda mungkin ingat kalau saya pernah membahas NAS QNAP yang tampil layaknya sebuah PC desktop kelas atas

Kali ini saya akan kembali mengulas NAS yang serupa. Bedanya, NAS ini tidak menggunakan prosesor Intel. Ya, QNAP TS-1277 merupakan NAS pertama di dunia yang menggunakan prosesor AMD Rzyen 7 1700. Keunggulanya? Tentu saja jumlah core dan thread yang ditawarkan oleh prosesor tersebut sehingga NAS ini bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan bisnis penggunanya.

Dirancang khusus untuk SMB

QNAP TS-1277 merupakan NAS untuk kebutuhan SMB (Small-Medium Business). Artinya, NAS ini memang sejak awal sudah dirancang untuk mengakomodasi pekerjaan yang cukup berat. Itulah mengapa salah satu fitur utama NAS ini adalah bay-nya yang sangat banyak, yaitu hingga 12 bay.

Bay yang ada di QNAP TS-1277 terdiri dari 8 bay untuk hard disk 3.5 inci dan 4 bay untuk hard disk atau SSD 2.5 inci. Jika Anda hanya menggunakan 8 bay utamanya dan diisi dengan hard disk masing-masing 8TB, Anda sudah mendapatkan penyimpanan sebesar 64TB. Kemampuan mengakomodasi penyimpanan tersebut memang sudah setara dengan server.

Masih tidak cukup? QNAP TS-1277 masih punya opsi penyimpanan lain yaitu melalui M.2 SSD yang bisa dipasang sebanyak dua buah. Meski hanya bisa dipasangi M.2 SSD bertipe SATA (bukan NVMe PCIe), namun ini berarti Anda punya total 14 slot penyimpanan dengan 3 jenis perangkat berbeda yang bisa dipasang.