Qnap TS-228A, NAS imut cocok buat pemula

Dijual tidak sampai Rp2 juta-an, NAS TS-228A milik Qnap ini telah menggunakan prosesor quad-core dengan RAM 1GB DDR4.

Qnap TS-228A, NAS imut cocok buat pemula QNAP TS-228A (Tek.id | Chandra)

Memilih NAS untuk rumahan memang tidak mudah. Selain harus memiliki fitur yang lengkap serta mudah digunakan, desain yang manis untuk melengkapi ruang keluarga sudah seperti keharusan.

Memang, untuk mencari NAS seperti itu agak sulit. Namun, untuk menjawab tantangan ini, Qnap punya sebuah NAS yang memiliki kriteria tersebut, dengan TS-228A. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mengintip pembuatan NAS QNAP di Taiwan

Uji QNAP TS-1277, NAS tapi pakai prosesor Ryzen

QNAP TVS-882BRT3, bukan NAS sembarangan


Nah, bagi Anda yang ragu untuk membeli NAS ini, tenang, karena tim Tek.id sudah mencobanya terlebih dahulu. So, tanpa berlama-lama lagi, inilah ulasan kami saat menggunakan Qnap TS-228A berikut ini.

Desain imut, cocok untuk ruang keluarga

Hal pertama yang terlintas di pikiran saya saat melihat Qnap TS-228A ini adalah memiliki kesan imut. Memiliki bentuk yang kompak dengan pilihan warna putih, NAS ini sangat cocok berada di antara benda-benda lain yang ada di ruang tamu.

Pengguna pun tidak perlu dipusingkan dengan cara memasang NAS ini. Hanya perlu membuka satu sekrup di bagian bawah, tanpa harus menggunakan alat apapun, dan NAS ini bisa langsung terbuka.

Di dalamnya, pengguna akan menemukan dua buah slot untuk memasukkan Hard Disk. Tentu, dua slot sudah cukup untuk menampung semua file-file penting keluarga, seperti foto atau film keluarga.

Oh iya, untuk tipe Hard Disk yang digunakan, sebaiknya menggunakan tipe yang khusus NAS. Salah satu contohnya seperti Seagate Iron Wolf, yang memang didesain khusus beroperasi selama 24 jam non stop.

Di bagian depan juga pengguna akan menemukan sebuah slot USB 3.0 dan tombol power serta tombol quick sync untuk melakukan backup dari USB atau Hard Disk eksternal secara otomatis tanpa harus masuk ke aplikasi bawaan NAS.

Sedangkan di bagian belakang, terdapat dua buah USB 2.0, satu port LAN RJ45, dan lubang power. Tentu saja, hal ini akan membuat proses instalasi lebih mudah, karena tidak memerlukan pengaturan yang menyusahkan.

Mudah dipasang, mudah digunakan

Proses pemasangan dari TS-228A ini pun sangat mudah. Yang perlu disiapkan adalah aplikasi milik QNAP, yakni Qfinder Pro. Pengguna dapat mengunduhnya langsung di laman resmi dari QNAP.

Setelah terpasang, yang harus dilakukan hanyalah mencolok kabel LAN dan power ke port yang tersedia, kemudian nyalakan. Pastikan mencolok kabel LAN di router yang biasa dipakai di rumah.

Kemudian, tinggal koneksikan melalui WiFi dengan membuka Qfinder Pro. Kemudian proses instalasi akan berjalan secara otomatis. Pengguna hanya harus memasukkan id dan password default, yakni admin.

Oh iya, soal fitur, ada tiga unggulan dari Qnap yakni Qsync, Hybrid Backup Sync, dan Snapshot. Qsync adalah layanan sinkronisasi file secara langsung yang mudah digunakan untuk komputer dan perangkat seluler. 

Dengan Qsync, data dapat dibagikan ke beberapa lokasi. Ini mempermudah berbagi file ke dalam Qnap.

Di sisi lain, Hybrid Backup Sync memiliki kemampuan bagi pengguna untuk mengatur dan menggabungkan beberapa fungsi backup atau sinkronisasi otomatis untuk menjaga data penting tetap aman dan memastikan ketenangan pikiran.

Terakhir, TS-228A memberi perlindungan snapshot. Perlindungan ini cukup berarti, karena memungkinkan Anda untuk melindungi file dan data yag terhapus secara tidak sengaja maupun akibat serangan malware.

Performa kencang, irit daya

Soal performa, Qnap TS-228A menggunakan prosesor quad-core 1.4GHz milik Realtek. Selain itu, NAS ini juga memiliki RAM 1GB DDR4. Tentu saja, konfigurasi ini sangat kencang untuk dipakai di rumahan.

Kecepatan transfer data dari NAS ini juga bisa dibilang cepat. Menggunakan router berkecepatan maksimal 3150Mbps, NAS ini berhasil melakukan transfer data di kecepatan 13mbps lho!

Meski begitu, NAS ini juga tidak akan membuat tagihan listrik jadi jebol, meski aktif selama 24 jam non stop. Hal ini dikarenakan NAS ini menarik daya sekitar 12 watt saja.

Kesimpulan : Irit, kencang, cocok buat di ruang tamu

Dijual di kisaran Rp1,7 jutaan tanpa Hard Disk, TS-228A memiliki performa yang sangat baik. Proses instalasi dan aplikasi yang terdapat dalam paket penjualan pun cukup baik dan mudah untuk digunakan.

Terlebih lagi bentuknya yang sangat imut, sangat cocok untuk diletakkan di ruang tamu. Hal ini membuat Qnap TS-228A bisa menjadi pilihan Anda yang sedang mencari NAS untuk pemula atau keluarga.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: