sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Minggu, 22 Mar 2020 10:45 WIB

Dengan QNAP TS-251D, streaming film favorit bisa lebih mudah!

Selain dapat digunakan untuk penyimpanan seperti NAS lainnya, QNAP TS-251D juga dapat dikonfigurasi sebagai server untuk streaming film favorit menggunakan Plex Media Server.

Dengan QNAP TS-251D, streaming film favorit bisa lebih mudah!

Pernah tidak sih kalian berpikir bahwa pengeluaran bulanan kita semakin membengkak karena biaya langganan straming semakin banyak. Saya contohnya, memiliki total 3 layanan streaming video, seperti Netflix, Viu, dan juga Amazon Prime.

Sebenarnya, ada satu solusi yang bisa saya lakukan. Saya tinggal membeli sebuah NAS, lakukan pengaturan sedikit, dan langsung melakukan streaming dari NAS. Ya, semuanya mudah jika semua orang mengerti IT seperti saya.

Nah, untungnya, QNAP baru saja memperkenalkan sebuah NAS rumahan baru dengan 2 bay, yang ditujukan bagi mereka yang tak ingin ribet menggunakan NAS mereka sebagai tempat streaming pribadi di mana saja.

NAS tersebut adalah QNAP TS-251D. Tapi, apa sih keunggulan TS-251D jika dibandingkan dengan NAS QNAP lain, atau bahkan dengan para pesaing? Jawabannya adalah karena di NAS tersebut sudah mendapatkan dukungan Plex Media server.

Jika kalian belum tahu, Plex adalah sistem pemutar media klien-server dan rangkaian perangkat lunak yang terdiri dari dua komponen utama, yakni aplikasi desktop Plex Media Server dan Plex player yang mendukung tidak hanya PC atau laptop, tapi juga di smartphone.

Cara pemasangannya pun mudah. Kalian hanya harus masuk ke App Center, lalu install aplikasi Plex. Setelah itu, kalian hanya harus login dan menentukan folder mana yang dapat kalian akses untuk dapat di-streaming menggunakan akun Plex kalian dari mana saja.

Nah, bagi kalian yang mengkhawatirkan penyimpanan, QNAP TS-251D, kalian tak perlu khawatir karena NAS ini memiliki 2 bay yang dapat menampung hingga 32TB. Oh iya, saya sarankan untuk menggunakan HDD khusus NAS seperti Seagate Ironwolf. Jangan lupa beli yang bertanda MFI untuk mendapatkan jaminan saat ada kerusakan pada HDD kalian.

Jika masih kurang, QNAP TS-251D ini juga dilengkapi dengan satu slot PCIe x4. Kalian bisa menambahkan sebuah M.2 Card untuk menambah hingga 2 SSD atau menggunakan slot ekspansi ini untuk memberikan dukungan jaringan nirkabel atau dukungan LAN 5GB/s atau 10GB/s.

Dengan penyimpanan besar ini, ada satu hal lain yang dapat kalian lakukan, yakni melakukan backup foto dan mengorganisirnya dengan mudah menggunakan aplikasi QuMagie. Aplikasi ini menggunakan teknologi pengenalan gambar AI untuk pengenalan wajah, identifikasi subjek, dan geotagging foto, dimana foto serupa akan dikategorikan ke dalam album People, Places, dan Things. 

Bagi kalian yang khawatir tidak dapat memutar film kesayangan di resolusi Full HD, kalian tak perlu khawatir. Menggunakan prosesor Intel Celeron J4005 dan RAM hingga 4GB, membuat QNAP TS-251D ini dapat memutar video di kualitas 4K.

Bentuk dari NAS ini pun sangat unik dan tidak terlihat menakutkan. Bahkan, dengan perpaduan warna putih dan biru muda membuat QNAP TS-251D sangat manis bahkan saat diletakkan di meja tamu.

Di bagian depan kalian akan mendapatkan satu port USB 3.0 dan satu tombol QSync, yang dimana dapat secara otomatis menyalin file dari USB atau HDD eksternal dengan satu tombol. 

Sedangkan di bagian belakang, kalian akan mendapatkan 1 USB 3.0 tambahan, di samping tiga USB 2.0 dan HDMI serta sebuah port RJ45 di bagian belakang.

Harga dari QNAP TS-251D juga tidak lebih dari Rp10 juta. Jadi, NAS ini sangat cocok bagi kalian yang ingin melakukan streaming film favorit mereka di luar tanpa harus membayar biaya langganan.

Editor
Share
back to top