QNAP TVS-882BRT3, bukan NAS sembarangan

QNAP TVS-882BRT3 merupakan NAS yang sangat overkill karena punya segudang fitur yang bukan ditujukan untuk pengguna biasa

QNAP TVS-882BRT3, bukan NAS sembarangan

Manusia memang tidak pernah puas. Percaya atau tidak, hal tersebut juga terjadi di dunia teknologi termasuk NAS (Network Attached Storage).

Jika Anda memantau terus Tek.id, beberapa kali kami megulas NAS, salah satunya dari QNAP. Namun NAS tersebut masih dikategorikan sebagai perangkat rumahan dan kantor kecil yang hanya menyediakan opsi penyimpanan 2 atau 4-bay. Pertanyaannya, bagaimana kalau kebutuhan Anda jauh di atas itu? Inilah dia QNAP TVS-882BRT3, sebuah NAS yang menurut saya sangat "overkill".


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Mengintip pembuatan NAS QNAP di Taiwan

Qnap TS-228A, NAS imut cocok buat pemula

Uji QNAP TS-1277, NAS tapi pakai prosesor Ryzen


Bongsor, didesain untuk perusahaan

Kesan pertama melihat TVS-882BRT3 adalah saya langsung tahu kalau ia bukan NAS sembarangan. Bentuknya sangat besar, bahkan merupakan NAS terbesar yang pernah saya ulas sejauh ini. TVS-882BRT3 juga sangat berat, namun bodinya terlihat sangat kokoh.

Bodinya dibalut penuh oleh bahan logam dan hanya beberapa bagian kecil saja yang menggunakan bahan plastik, seperti bagian bay-nya. NAS ini juga punya port yang sangat lengkap. Selain port USB dan ethernet yang sudah sangat wajib ada di setiap NAS, TVS-882BRT3 juga punya berbagai fasilitas konektivitas lain seperti Thunderbolt 3 sehingga bisa dikoneksikan langsung dengan perangkat Mac seperti MacBook.

Tidak hanya itu, Anda bakal sangat puas dengan jumlah port yang ditawarkan di NAS ini. TVS-882BRT3 punya empat port gigabit ethernet yang memungkannya terhubung dengan berbagai jaringan komputer. Ya, NAS ini memang bukan untuk digunakan di dalam rumah. Secara teknis Anda memang bisa menggunakannya sebagai NAS rumahan, tapi akan banyak fitur yang bakal menjadi tidak berguna.

Masih tidak percaya TVS-882BRT3 bukan untuk pengguna rumahan? Silahkan lihat jumlah bay yang dimilikinya. NAS ini punya 8 bay yang masing-masing bisa menampung hard disk 3,5" atau SSD 2,5". Jika masing-masing bay dipasang HDD 6TB, maka Anda akan bisa menghadirkan penyimpanan sebesar 48TB. Sangat lega bukan? Tentunya kapasitas tersebut bukan untuk menampung video drama Korea Anda.

Sama seperti NAS QNAP lainnya, drive bay di TVS-882BRT3 dirancang sedemikian rupa sehingga Anda bisa memasang HDD atau SSD dengan mudah. Bahkan pemasasangannya tidak perlu menggunakan peralatan seperti obeng. Cukup cabut drive bay-nya dan pasangkan hard disk dengan posisi yang tepat. Setiap bay pada NAS ini menggunakan konseksi SATA 6Gbps untuk kecepatan transfer data yang maksimal.

Kalau Anda merasa penyimpanan 8 bay masih belum cukup, QNAP juga telah menyediakan 2 slot M.2 yang bisa digunakan untuk penyimpanan ekstra. Sayangnya, slot tersebut masih menggunakan koneksi SATA 6Gbps, bukan PCIe. Selain itu karena M.2 SSD mudah panas, QNAP juga menyarankan Anda untuk memasang heatsink tambahan.

Salah satu keunggulan lain TVS-882BRT3 adalah keberadaan Blu-ray Drive yang sudah terpasang langsung di bodinya. Dengan demikian, Anda bisa langsung menyalin data yang ada di dalam sebuah Blu-ray Disc ke dalam NAS ini. Namun bukan hanya itu fungsinya.

Kencang, menunjang kolaborasi tim

Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, TVS-882BRT3 bukan untuk pengguna rumahan. Ia merupakan NAS kelas enterprise yang fungsinya sangat mirip dengan komputer server hanya saja NAS ini sudah tampil dengan paket lengkap. Ia sudah dipasang sistem operasi khusus yang bernama QTS.

Sama seperti yang ada di NAS QNAP lainnya, QTS di TVS-882BRT3 punya fungsi yang beragam. Anda bahkan bisa melakukan virtualisasi sistem operasi lainnya, seperti Windows Server di dalam NAS ini. Selain itu, QTS juga memungkinkan Anda untuk melakukan konfigurasi khusus lainnya, salah satunya adalah memasang sistem RAID pada HDD atau SSD yang dipasang di bay.

Keunggulan utama TVS-882BRT3 adalah memungkinkan Anda dan tim melakukan pekerjaan kolaboratif, terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. Para anggota tim bisa mengakses aset yang sama yang disimpan di dalam NAS ini dan mengolahnya secara bersamaan. Dengan demikian, produktivitas bisa digenjot.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan performa NAS ini. Berbeda dengan NAS rumahan, QNAP TVS-882BRT3 dibekali dengan prosesor Intel Core i7-7500 yang punya kecepatan pemrosesan hingga 3,8GHz dan RAM 32GB. Ya, NAS ini memang punya prosesor sekelas komputer desktop kelas atas sehingga bisa mengakomodasi fungsi utamanya, yaitu menunjang kolaborasi tim.

Menggunakan dua HDD yang dipasang di bay pertama dan kedua, berikut adalah hasil uji kecepatan baca dan tulis melalui aplikasi Crystal Disk Mark.

Seperti yang ditunjukkan oleh hasil benchmark tersebut, kecepatan baca dan tulis hard disk terlihat sangat optimal. Hal tersebut dapat dilihat dari kecepatan baca tulis yang angkanya tidak jauh di setiap segmen pengujian. Itu berarti TVS-882BRT3 bisa mengakomodasi HDD dengan sangat baik tanpa ada efek bottleneck.

Hal tersebut memang sangat wajar mengingat spesifikasi yang ditawarkan sangat tinggi. Bahkan mungkin lebih tinggi dari rata-rata PC yang Anda gunakan.

Kesimpulan?

QNAP TVS-882BRT3 merupakan NAS dengan fitur yang sangat lengkap. Tidak hanya itu, spesifikasi dan performanya juga sangat tinggi sehingga memungkinkannya bisa diakses oleh banyak sekali perangkat. Anda juga bisa menghubungkan NAS ini dengan empat monitor sekaligus melalui port HDMI dan mengontrolnya secara langsung menggunakan keyboard dan mouse layaknya PC.

Tapi semua itu harus dibayar mahal. Karena fiturnya sangat lengkap dan performanya sangat bagus, NAS ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Di Indonesia, TVS-882BRT3 dibanderol seharga Rp61 juta dan itu belum termasuk hard disk-nya.

NAS ini memang tidak saya rekomendasikan untuk pengguna biasa. NAS ini hanya untuk perusahaan atau organisasi yang butuh akses terhadap aset digital oleh semua karyawan.

 
QNAP TVS-882BRT3
Bagus ...
  • Fitur kelas atas
  • Bisa tampung banyak HDD dan SSD
  • Performa bagus
Kurang ...
  • Slot M.2 hanya dukung SATA
  • Heatsink untuk M.2 SSD tidak disediakan
Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Qnap