Review motherboard MSI MAG Z390, murah tapi tetap asyik

Oleh: Erlanmart - Rabu, 28 Nov 2018 20:55 WIB

MSI mengatakan, seri MAG difokuskan untuk keseimbangan fungsi dan daya tahan. MAG Z390 Tomahawk juga cocok digunakan untuk bermain gim.

Sekitar satu bulan lalu, MSI secara resmi mengenalkan MAG Z390 Tomahawk. Berbasis chipset Intel Z390, artinya motherboard ini mendukung prosesor Intel generasi ke-9 terbaru (Cannon Lake). Meski demikian, hardware tersebut juga mendukung prosesor Intel generasi ke-8 (Coffee Lake). Kebetulan, saya berkesempatan menjajal motherboard teranyar dari MSI tersebut. Ini adalah seri kedua dari review kami terhadap motherboard Z390.

 

Desain/fitur

MSI mengatakan, seri MAG difokuskan untuk keseimbangan fungsi dan daya tahan. MAG Z390 Tomahawk juga cocok digunakan untuk bermain gim. Ketika bermain gim, motherboard yang memiliki form factor ATX tersebut tentu saja dipasangkan dengan prosesor unggulan dan kartu grafis andal agar pengalaman selama bermain gim lebih lancar.

Dengan demikian, suhu motherboard juga harus stabil ketika dipasangkan kedua hardware pendukung itu. Demi menghasilkan suhu tidak terlalu tinggi, Z390 Tomahawk dilengkapi dengan heatsink berbentuk lebih panjang dibandingkan dengan pendahulunya.

Ada dua warna yang menyelimuti MSI MAG Z390 Tomahawk, yaitu hitam dan abu-abu (atau MSI menyebutnya sebagai gun steel). Perpaduan kedua warna tersebut menjadikan motherboard terlihat sesuai dengan namanya, sebuah senjata misil. Meski hanya memiliki dua skema warna, MSI melengkapi Z390 dengan fitur Mystic Light.