MSI : Motherboard X570 akan mahal

Pihak MSI mengatakan, motherboard paling rendah dari platform baru AMD yakni, X570 akan memiliki harga yang cukup mahal.

MSI : Motherboard X570 akan mahal Ilustrasi Motherboard MSI (Techspot)

AMD baru-baru ini memperkenalkan prosesor terbaru mereka yakni, Ryzen seri 3000. Jajaran prosesor yang ada di lini tersebut digadang-gadang memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor generasi sebelumnya.

Mereka pun memperkenalkan chipset motherboard baru untuk prosesor tersebut yakni, X570. Chipset ini akan menggunakan teknologi baru, PCIe 4.0. Teknologi ini akan memberikan bandwidth yang lebih besar bagi perangkat yang menggunakan teknologi tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD siapkan platform X590

Aorus unjuk gigi di Computex 2019 dengan produk generasi baru

Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard


Tapi, dengan hadirnya sebuah teknologi baru, akan hadir masalah baru. CEO MSI, Charles Chiang mengatakan harga motherboard X570 akan sedikit lebih mahal, meskipun motherboard tersebut termasuk di varian paling bawah.

"Anda akan melihat celah harga yang signifikan antara motherboard dengan chipset X470 dan X570," kata Chiang.

Hal ini dikarenakan harga dari PCIe 4.0 akan memiliki kontribusi cupkup tinggi. Bahkan, hal ini akan membuat motherboard X570 akan setara dengan motherboard premium milik Intel, yakni motherboard seri Z390 keatas.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa teknologi PCIe 4.0 membutuhkan switch yang lebih cepat dan lebih banyak perangkat keras untuk mengelola peningkatan kecepatan hingga 64 GB/s di pengaturan x16.

Selain itu, daya yang akan dapat ditarik oleh PCIe 4.0 akan meningkat hingga tiga kali lipat. Sedangkan saat berbicara tentang kekuatan, Chiang mengatakan hampir setiap motherboard X570 akan membutuhkan pendinginan VRM aktif.

Hal ini dikarenakan CPU Ryzen 9 milik AMD, yang memiliki 12-core dan 24 threads akan menarik lebih banyak daya. Selain itu, AMD juga ingin motherboard X570 memiliki fitur premium yang dipasarkan untuk para penggemar.

"Banyak orang bertanya kepada saya, apa pendapat Anda tentang AMD hari ini? Saya katakan AMD hari ini adalah perusahaan yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan dua, tiga, lima tahun yang lalu," kata Chiang.

"Mereka memiliki teknologi yang bagus dan mereka ingin memberikan spek yang lebih tinggi dengan harga yang wajar. Tapi sekarang berbeda. Jadi, mari kita jual motherboard dengan harga lebih tinggi, motherboard dengan spesifikasi lebih tinggi, dan mari kita lihat apa yang akan terjadi di pasar,” pungkasnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: