Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard

Para pengguna akan mendapatkan pembaruan BIOS di motherboard seri 300 dan 400 selepas AMD luncurkan prosesor Ryzen seri 3000 secara resmi.

Asus pastikan dukungan prosesor Ryzen 3000 di beberapa motherboard Prosesor AMD Ryzen

AMD sedang mempersiapkan kehadiran prosesor Ryzen seri 3000 dalam waktu dekat ini. Prosesor tersebut akan menggunakan arsitektur Zen 2 yang didasarkan teknologi fabrikasi 7nm.

Seperti biasa, dengan hadirnya prosesor baru, AMD juga akan mengumumkan motherboard dengan dukungan chipset baru. Mereka pun mengumumkan kehadiran motherboard dengan chipset X570 untuk menjalankan prosesor tersebut.


BACA JUGA

Rayakan ulang tahun AMD ke-50, Gigabyte luncurkan motherboard edisi spesial

Gigabyte resmi boyong Z390 Aorus Xtreme Waterforce 5G ke Indonesia

Review motherboard MSI MAG Z390, murah tapi tetap asyik


Namun, hal ini bukan berarti prosesor Ryzen seri 3000 tidak dapat berjalan di platform sebelumnya. Baru-baru ini, Asus mengatakan bahwa mereka akan membawa dukungan Ryzen seri 3000 ke motherboard lama mereka.

Dalam keterangan yang didapat oleh tim Tek.id, pihak Asus akan memberikan dukungan prosesor terbaru AMD di motherboard seri 300 dan 400 mereka. Perusahaan asal Taiwan tersebut akan memberikan pembaruan BIOS setelah prosesor tersebut meluncur.

Empat model chipset, mulai dari X470, B450, X370, dan B350 akan mendapatkan pembaruan BIOS. Motherboard dalam keluarga ROG pun hampir dapat dipastikan akan mendapatkan pembaruan ini.

Namun berbagai seri motherboard lain seperti TUF, Prime, dan lainnya akan mendapatkan dukungan. Untuk melihat daftar lengkap motherboard apa yang akan mendapatkan dukungan, silahkan klik di sini.

Meski dapat berjalan di chipset lama, namun para pengguna akan kehilangan beberapa fungsi utama yang dikabarkan akan hadir di platform X570. Beberapa di antaranya seperti dukungan PCIe Gen4 dan dukungan WiFi 6.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: