Bisnis Mulai Tinggalkan “Mobile-First”, Otomatisasi AI Ambil Alih Hingga 80% Pertanyaan Pelanggan

Oleh: Haidhar Ali Faqih - Selasa, 25 November 2025 17:45

Sistem kecerdasan buatan saat ini mampu menangani hingga 80 persen pertanyaan pelanggan secara mandiri

Setelah lebih dari satu dekade bertumpu pada pendekatan mobile-first, pelaku usaha kini bergerak menuju model “AI-first”, ditandai meningkatnya penggunaan otomatisasi dalam pengelolaan layanan pelanggan.

Data operasional yang disampaikan bitbybit menunjukkan sistem kecerdasan buatan saat ini mampu menangani hingga 80 persen pertanyaan pelanggan secara mandiri. Sebagian besar mencakup tugas berulang seperti pengecekan status pesanan, dan stok barang,

Founder bitbybit, William Tunggaldjaja menjelaskan adopsi AI bukan diarahkan untuk menggantikan tenaga kerja, melainkan mengalihkan peran manusia ke pekerjaan yang membutuhkan kreativitas serta kemampuan penyelesaian masalah. 

“AI efektif untuk pekerjaan berulang. Namun, manusia memiliki keunggulan dalam eskalasi masalah dan penyelesaian masalah secara kreatif. Integrasi ini membebaskan manusia dari pekerjaan robotik untuk fokus pada pekerjaan yang membutuhkan empati,” ucap William.

Selain itu, bitbybit juga mengenalkan konsep teknis “Power Massage”. yaitu sistem komunikasi proaktif yang memungkinkan AI menginisiasi percakapan tanpa menunggu input pengguna.