AI Bantu Agen Asuransi Berikan Layanan Lebih Tepat dan Personal untuk Nasabah
PAAI rayakan HUT ke-9 dengan semangat transformasi digital. Agen asuransi siap manfaatkan AI untuk tingkatkan layanan dan literasi keuangan.
Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) bukan ancaman, melainkan peluang besar bagi agen asuransi untuk memperkuat perannya di tengah perubahan industri.
Hal itu ditegaskan Ketua Umum Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia (PAAI) M. Idaham dalam perayaan HUT ke-9 bertema “Lompatan Besar Agen Asuransi di Era Artificial Intelligence (AI)” di Jakarta, Rabu (8/10/2025).
“Kehadiran AI justru dapat memperkuat peran agen dalam memberikan layanan yang lebih cepat, tepat, personal, dan humanis, sekaligus meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Idaham berharap ke depan kolaborasi antara PAAI, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), dan Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dapat semakin erat agar peran agen sebagai pilar utama distribusi industri asuransi makin kokoh di tengah dinamika digital.
President Maxwell Leadership Indonesia David Tjokrorahardjo menegaskan AI adalah sarana untuk meningkatkan produktivitas agen, bukan menggantikannya.