sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
Kamis, 08 Okt 2020 17:00 WIB

XL Axiata perluas jangkauan VoLTE ke 13 kota

VoLTE XL Axiata untuk tahap pertama pada Agustus lalu tersedia di kota Jakarta dan Medan. Selanjutnya XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE hingga ke 13 kota.

XL Axiata perluas jangkauan VoLTE  ke 13 kota
Source: Business Today

XL Axiata belum lama ini menghadirkan teknologi Voice over LTE (VoLTE). VoLTE memungkinkan pelanggan untuk melakukan panggilan suara pada jaringan LTE. Berkat teknologi ini, panggilan telepon akan lebih cepat tersambung dengan kualitas audio yang lebih jernih. 
 
VoLTE XL Axiata untuk tahap pertama pada Agustus lalu tersedia di kota Jakarta dan Medan. Selanjutnya XL Axiata terus memperluas cakupan layanan VoLTE. Kini VoLTE XL Axiata telah tersedia di 13 kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Medan, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang dan Sidoarjo.  

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan layanan panggilan suara cenderung banyak digunakan, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu, teknologi ini akan memberikan pengalaman lebih baik bagi pelanggan.

Hingga akhir tahun ini, I Gede menyatakan akan memperluas cakupan layanan VoLTE hingga ke 50 kota. "Sekarang ke lebih dari 13 kota lain hingga akhir Oktober. Akhir tahun layanann VoLTE akan mencakup ke 50 kota besar dan kecil," katanya.
 
VoLTE atau Voice Over LTE adalah layanan percakapan (voice) atau telepon melalui jaringan data LTE (Long Term Evolution). Dengan VoLTE, layanan panggilan suara menjadi lebih baik di mana kualitas suara menjadi sangat jernih. Selain itu, kecepatan sambung yang sangat singkat. 

Pada tahap awal, layanan VoLTE didukung oleh beberapa ribu BTS 4G XL Axiata yang tersebar di kota-kota yang telah terjangkau layanan ini. Saat ini XL Axiata sedang menyiapkan infrastruktur jaringan di kota-kota lainnya untuk mendukung layanan VoLTE di tahap selanjutnya. Agar pelanggan dapat menikmati kualitas layanan suara yang prima, XL Axiata perlu melakukan optimasi jaringan secara menyeluruh sehingga benar benar siap untuk layanan VoLTE. Ke depan seluruh BTS 4G/LTE dipersiapkan untuk mendukung layanan VoLTE.

Layanan VoLTE bisa di nikmati oleh pelanggan XL Axiata dengan smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE dengan tarif yang sama dengan tarif layanan percakapan yang ada saat ini. Hal ini untuk memudahkan pelanggan dalam penggunaan layanan VoLTE. Layanan VoLTE tidak mengurangi kuota data pelanggan XL Axiata pada saat menggunakannya untuk percakapan telepon, tidak seperti penggunaan percakapan telepon menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain itu, XL Axiata juga telah bekerja sama dengan beberapa produsen smartphone untuk memastikan ketersediaan smartphone dengan layanan VoLTE seperti Huawei, Xiaomi serta menyusul Samsung, Vivo, Advan dan Evercoss yang saat ini dalam tahapan testing. Jumlah smartphone yang mendukung layanan VoLTE XL Axiata diklaim akan terus bertambah untuk memudahkan pelanggan mendapatkan layanan kualitas percakapan yang lebih baik sambil tetap menikmati koneksi data yang lancar. Pelanggan dengan smartphone yang mendukung di VoLTE dan berada dalam daerah layanan VoLTE XL Axiata akan otomatis menerima pemberitahuan dari XL Axiata untuk bisa segera mengaktifkan layanan VoLTE.

Share
×
tekid
back to top