Xiaomi siapkan kamera periskop untuk saingi Huawei

Spekulasi soal kamera periskop untuk smartphone baru, muncul setelah pengajuan paten Xiaomi terungkap ke publik.

Xiaomi siapkan kamera periskop untuk saingi Huawei (Foto: Trusted Reviews)

Huawei P30 Pro dan Oppo Reno 10x Zoom sebagai flagship Huawei dan Oppo menggunakan lensa periskop untuk meningkatkan pengalaman fotografi pengguna. Kini tampaknya Xiaomi juga akan melakukan hal yang sama untuk smartphone-nya di masa mendatang. Dengan begitu, pengguna bisa mengharapkan kamera smartphone yang semakin canggih untuk ponsel Xiaomi.

Spekulasi ini muncul setelah pengajuan paten Xiaomi terungkap ke publik. Dilansir Gizmochina (8/7), Xiaomi mengajukan paten baru berjudul "Komponen Kamera dan Perangkat Elektronik". Paten itu memiliki nomor aplikasi CN201822150093.2, tertanggal 20 Desember 2018 yang kemudian dirilis ke publik 2 Juli.


BACA JUGA

Xiaomi Mi A3 hadir dengan Snapdragon 665

Xiaomi ingin terjun ke pasar pembuatan prosesor mobile

Ribuan skuter elektrik Xiaomi ditarik karena masalah keselamatan


Paten itu menunjukkan komponen kamera yang dijelaskan dalam skema paten Xiaomi termasuk lensa utama serta setidaknya satu lensa tambahan. Konsep ini menunjukkan bahwa dengan memasang lensa utama dan setidaknya satu sumbu optik yang tegak lurus, serta membuat lubang lensa periskop sesuai lensa utama, akan memungkinkan penggunaan lensa periskop tanpa harus meningkatkan ketebalan lensa utama.

Belum diketahui smartphone Xiaomi tipe apa yang akan mengadopsi teknologi tersebut. Namun spekulasi menyebutkan Xiaomi bisa menerapkannya dalam seri Mi Mix mengingat handset itu merupakan seri termahal perusahaan. 

Perlu dicatat spekulasi ini didasarkan pada paten. Dengan demikian belum bisa dipastikan teknologi itu benar-benar diterapkan Xiaomi pada smartphone-nya di masa mendatang. Bisa saja Xiaomi hanya mengeksplorasi teknologi yang sudah diterapkan oleh kompetitornya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: