WhatsApp akan tayangkan iklan di fitur status

Sebagai tahap awal, iklan akan ditampilkan dalam fitur WhatsApp Status. Mekanisme ini mirip seperti iklan yang ditampilkan Instagram.

WhatsApp akan tayangkan iklan di fitur status (Foto: Twitter)

WhatsApp akan mulai menayangkan iklan di aplikasinya pada 2020. Kabar ini dibuktikan dengan dokumen yang dibagikan dalam Facebook Marketing Summit di Rotterdam, Belanda. Sebagai tahap awal, iklan akan ditampilkan dalam fitur WhatsApp Status. Mekanisme ini mirip seperti iklan yang ditampilkan Instagram di fitur Stories sejak Januari 2017.

WhatsApp versi Android dan iOS disebut memiliki implementasi yang diperlukan untuk hosting iklan. Namun, perusahaan yang kini bernaung di Facebook itu belum memberikan pengumuman resmi. 


BACA JUGA

Status WhatsApp kini bisa dibagikan ke Instagram dan Gmail

WhatsApp kini tampilkan pengirim foto di aplikasi

Kirim foto dan video di WhatsApp hingga Instagram dibatasi


Olivier Ponteville dari BeConnectAgency yang menghadiri pertemuan tahunan itu mengungkapkan bahwa Facebook telah mengumumkan kehadiran iklan di WhatsApp. Gambar yang ditunjukkan dalam slide presentasi menampilkan pengembangan bahwa iklan akan terlihat mirip dengan status biasa di WhatsApp. gambar itu kemudian dibagikan oleh Matt Navarra - konsultan media sosial, yang semakin memperkuat kehadiran iklan WhatsApp.

Dilansir NDTV (23/5), iklan WhatsApp akan ditampilkan di seluruh layar dan kemungkinan menyertakan tautan yang akan muncul ketika pengguna melakukan swipe layar. Secara keseluruhan, konsep ini mirip dengan iklan yang tersedia di Instagram Stories.

VP WhatsApp Chris Daniels belum lama ini mengonfirmasi bahwa WhatsApp dirancang untuk menggunakan fitur Status dalam menayangkan iklan. Tahun lalu laporan Wall Street Journal mengutip eksekutif WhatsApp yang mengklaim bahwa Status WhatsApp akan mulai menampilkan iklan pada awal tahun ini.

WhatsApp versi beta 2.18.305 untuk Android juga dikatakan telah menyertakan implementasi iklan di bagian Status. Aplikasi untuk iPhone juga disebut telah memiliki pengembangan yang siap menayangkan iklan. Namun sejauh ini pengguna belum melihat perubahan tersebut.

Selain menambahkan kemampuan untuk menayangkan iklan, WhatsApp juga meningkatkan pengalaman bagi pengguna WhatsApp bisnis. Peserta Facebook Marketing Summit mengatakan WhatsApp Business akan segera menerima "format pesan yang lebih kaya" untuk memungkinkan pengguna berbagi gambar dan file PDF disertai pesan teks melalui aplikasi.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: