sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Jumat, 03 Nov 2023 08:07 WIB

Permintaan mobil listrik lesu, Volkswagen tunda bangun pabrik baterai keempat

Volkswagen telah memilih untuk menunda keputusan pembangunan pabrik sel baterai keempatnya, dengan alasan permintaan kendaraan listrik yang kurang dari perkiraan.

Permintaan mobil listrik lesu, Volkswagen tunda bangun pabrik baterai keempat

Volkswagen telah memilih untuk menunda keputusan pembangunan pabrik baterai keempatnya, dengan alasan permintaan kendaraan listrik (EV) yang kurang dari perkiraan di Eropa. CEO Oliver Blume menyatakan bahwa, mengingat lambatnya pertumbuhan pasar kendaraan listrik baterai (BEV) di Eropa, saat ini tidak ada alasan bisnis yang dapat dibenarkan untuk melanjutkan penentuan lokasi tambahan.

Sebelumnya, perusahaan asal Jerman tersebut telah menghentikan proses pengambilan keputusan terkait lokasi potensial di Republik Ceko, Hungaria, Polandia, dan Slovakia. Keputusan tersebut ditunda satu tahun, dan tidak ada urgensi yang ditunjukkan pada awal tahun ini dalam menentukan pilihan.

Pertemuan baru-baru ini antara Blume dan pejabat Ceko tampaknya tidak menghasilkan kemajuan apa pun. Republik Ceko telah mengusulkan lokasi untuk pabrik baterai raksasa, namun karena keragu-raguan Volkswagen, Perdana Menteri negara tersebut, Petr Fiala, mengumumkan bahwa mereka tidak dapat menunggu lebih lama lagi. Situs yang diusulkan akan ditawarkan kepada calon investor lainnya.

Dilansir dari Gizmochina (3/11), langkah Volkswagen ini berbeda dengan rencana awalnya untuk membuka enam pabrik baterai berukuran sangat besar di Eropa pada tahun 2030 melalui anak perusahaan baterai PowerCo. Lokasi yang telah dipilih untuk pabrik ini antara lain Salzgitter, Jerman; Valencia, Spanyol; dan St. Thomas, Ontario, Kanada. Situs Salzgitter dan Valencia masing-masing diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025 dan 2026, dengan situs Ontario diproyeksikan akan dibuka pada tahun 2027.

Menariknya, Eropa adalah pasar kendaraan listrik terbesar Volkswagen, menyumbang lebih dari 60% penjualan kendaraan listrik global. Namun, pesanan kendaraan listrik perusahaan di Eropa mengalami penurunan yang signifikan, dengan CFO Arno Antlitz mengungkapkan penurunan sebesar 50% dari 300,000 pada tahun lalu menjadi 150,000 pada tahun ini.

Perlu dicatat bahwa Volkswagen tidak sendirian dalam keputusannya untuk menunda rencana terkait kendaraan listrik. Beberapa produsen mobil global, termasuk Ford dan General Motors, juga telah menunda produksi baterai kendaraan listrik dan peluncuran modelnya, sementara Toyota telah merevisi ekspektasi penjualan kendaraan listriknya untuk tahun fiskal saat ini.

Share
×
tekid
back to top