sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Kamis, 26 Mar 2020 10:11 WIB

Vivo S6 5G dipastikan pakai Exynos 980

Vivo S6 dipastikan hadir dengan chipset Exynos 980. Ini merupakan prosesor yang sudah terintegrasi dengan modem 5G.

Vivo S6 5G dipastikan pakai Exynos 980

Vivo akan segera mengumumkan produk barunya akhir bulan ini, yakni Vivo S6 5G. Perangkat ini menjadi salah satu perangkat Vivo yang menggunakan chipset Exynos buatan Samsung. Nah baru-baru ini, hasil benchmark di laman Geekbench akhirnya mengungkap seri apa yang digunakan Vivo S6.

Vivo S6 dipastikan hadir dengan chipset Exynos 980. Ini merupakan prosesor yang sudah terintegrasi dengan modem 5G. Dan sebenarnya bukan kali ini saja vivo memakai chipset ini. Sebelumnya, perusahaan asal Tiongkok ini sudah menggunakannya pada Vivo X30 dan X30 Pro yang meluncur beberapa bulan lalu.

Ada yang menarik dari hasil pengujian di laman Geekbench itu. Dengan menggunakan Geekbench v5.1, hasil pengujian itu menunjukkan bahwa skor single-core dari Exynos 980 mampu mengungguli chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Chipset ini digunakan pada perangkat Vivo Z6 5G.

Untuk diketahui, dalam pengujian itu Exynos 980 yang tertanam di dalam Vivo S6 mampu menorehkan skor single-core sebesar 694. Sementara Snapdragon 765G dalam pengujian yang sama hanya mampu mencatat skor 400-450 saja. Meski begitu keduanya memiliki skor multi-core yang sama.

Dilansir dari GSMArena (26/3), sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab perbedaan hasil pengujian di antara keduanya. Untuk diketahui, Exynos 980 merupakan chip 8nm, sementara Snapdragon 765G adalah chip 7nm. Seharusnya semakin kecil ukuran chip, maka kinerjanya akan semakin efisien.

Nah, GSMArena mencatat faktor yang mungkin mempengaruhi perbedaan angka ini adalah inti yang digunakan. Exynos sudah menggunakan arsitektur inti terbaru, yakni Cortex-A77. Di sisi lain, Snapdragon 765G masih menggunakan arsitektur yang lebih lawas, yakni Cortex-A76. Cortex-A77 sendiri menawarkan peningkatan performa sebanyak 20% dari Cortex-A76.

Sayangnya pengujian Geekbench tidak menyertakan berapa konsumsi baterai yang dibutuhkan. Vivo S6 sendiri menggunakan baterai dengan kapasitas lebih kecil dari Z6, yakni 4390mAh.

Untuk diketahui, ini bukan prtama kalinya teaser produk terbaru Vivo ini muncul. Sebelumnya, perusahaan asal Tiongkok itu sudah mengkonfirmasi dalam sebuah iklan, bahwa S6 5G akan hadir dengan empat kamera belakang dengan housing berbentuk lingkaran. Kendati tidak menyebutkan dengan gamblang seluruh spesifikasi kameranya, namun smartphone ini akan hadir dengan kamera utama 48MP..

Share
back to top