sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Selasa, 08 Agst 2023 12:03 WIB

Review vivo Y36 5G, desain sultan spesifikasi kentang

Bukan hanya dari segi desain, vivo Y36 5G memiliki beberapa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya seperti memori yang lebih besar 256GB. Apakah gelar “hape sultan” cocok disandang oleh vivo Y36? Baca ulasannya di bawah ini. 

Review vivo Y36 5G, desain sultan spesifikasi kentang

vivo Y36 5G secara resmi telah diluncurkan pada 25 Mei 2023 di Indonesia. Smartphone ini diklalim menambah portofolio vivo seri Y, yang dikenal sebagai seri kelas menengah ke bawah dengan harga terjangkau, namun didesain stylish untuk pengguna muda. 

Dijuluki sebagai hape sultan, vivo Y36 5G menawarkan desain yang disebut-sebut bikin penggunanya percaya diri. Bukan hanya dari segi desain, ponsel juga memiliki beberapa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya seperti memori yang lebih besar 256GB.

Apakah gelar “hape sultan” cocok disandang oleh vivo Y36 5G? Baca ulasannya di bawah ini

Desain dan layar

Desain sultan vivo Y36 5G dicerminkan melalui panel belakang ponsel yang mengusung Dynamic Glass Design. Dibandingkan pendahulunya, kini bagian belakang ponsel tampak lebih premium karena memiliki kesan kaca yang berkilau. 

Dimensinya juga dibuat jauh lebih ramping dari seluruh jajaran seri Y, yakni dengan ketebalan hanya 8,07 mm, sedangkan bobotnya 190 g.

Sementara di bagian belakang, terdapat dua lensa kamera yang lumayan besar, dengan lampu flash LED di sampingnya. Semua elemen ini dimasukkan dalam housing berbentuk persegi, diletakkan di pojok kiri atas.

Mengusung desain flat frame, sisi-sisi yang ada di vivo Y36 5G masih sama seperti pendahulunya. Di bagian bawah, terdapat port USB tipe-C, speaker, mikrofon, serta jack headphone 3,5 mm. Di bagian atas, terdapat mikrofon lagi dan slot kartu SIM, sementara sisi kanan berisi tombol volume dan tombol daya yang digabung dengan sensor sidik jari.

Layar vivo Y36 5G membentang seluas 6,64 beresolusi FHD+ dengan punch hole untuk kamera depan di bagian atas tengahnya. yang mendukung refresh rate 90Hz. Perusahaan mengklaim, layar LCD ini memiliki tingkat kecerahan maksimum hingga 650 nits. Sementara untuk kemampuan mobile gaming-nya, layar mendukung refresh rate 90Hz.

Berdasarkan pengalaman kami, layar agak sulit dilihat saat siang hari, sedangkan untuk kenyamanan saat bermain gim, mata terasa perih setelah satu jam bermain. Lebih lanjut soal grafis akan dijelaskan pada bagian performa.

Kamera

Bicara soal kamera, vivo Y36 dibekali kamera utama 50MP dan kamera bokeh 2MP. Rangkaian fitur kamera yang dimiliki ponsel ini antara lain Double Exposure, Bokeh Flare Portrait, dan Portrait Bokeh untuk kamera selfie. 

Hasil foto dari kamera vivo Y36 5G ini bisa dibilang “cukup”, tidak kurang dan tidak lebih. Gambar di bawah ini misalnya, menggunakan kamera 50MP, detail pada gedung dapat digambarkan dengan baik. Namun, warna yang dihasilkan kurang keluar, seperti warna hijau pada dedaunan.

Sebagai gantinya, terdapat filter pada kamera utama yang memungkinkan Saya untuk menghasilkan gambar yang lebih dramatis. Warna tint oranye tampak cocok dipadukan dengan jalanan pada sore hari.

Tak ketinggalan, ada juga fitur HDR yang bisa diaktifkan pada kamera utama. Meskipun pohon dan awan kurang nyata, namun wajah objek dapat tertangkap dengan jelas.Hasil kamera utama vivo Y36Hasil kamera vivo Y36 menggunakan filter

Hasil kamera utama vivo Y36 menggunakan HDR

Selain itu, ponsel juga dibekali kamera bokeh 2MP yang dapat menghasilkan foto dengan latar belakang kabur atau blur. Meski dari jauh tampak bagus, namun efek blur yang dihasilkan kurang merata. Latar belakang dengan objek juga dipisahkan dengan kurang mulus. Namun secara keseluruhan, hasilnya masih oke.Hasil kamera bokeh vivo Y36Untuk kamera malamnya, warna yang dihasilkan sangat baik. Seperti gambar di bawah ini, yang mana warna merahnya terlihat sangat hidup. Namun objek lampu dalam gambar masih menghasilkan flare dan blooming.Hasil kamera vivo Y36 pada malam hari Beralih ke bagian depan, kamera selfie dilengkapi mode Portrait Bokeh. Alhasil, foto selfie dengan vivo Y36 5G dapat mengaburkan latar belakang dengan rata. Fitur pada wajah juga dapat terdefinisikan dengan baik dan tidak berlebihan setelah mengaktifkan mode Beauty.Hasil kamera selfie vivo Y36

Soal video, vivo Y36 5G punya dua opsi stabilisasi video, yakni Standar dan Ultra. Untuk resolusinya, perekam mendukung resolusi tertinggi 1080 FHD dan 60fps. Perbandingan stabilisasi video bisa dilihat di sini:

    Share
    ×
    tekid
    back to top